Keberlangsungan Liga Champions di Ujung Tanduk?

Football5star.com, Indonesia – Federasi sepak bola Eropa, UEFA Rabu (1/4/2020) mengadakan rapat untuk membahas keberlangsungan Liga Champions di musim ini. Rapat darurat ini dilakukan UEFA melalui video conference.

“UEFA telah mengundang sekretaris jenderal dan 55 asosiasi sepak bola untuk terlibat dalam video confrence untuk berbagi informasi terbaru mengenai perkembangan terkait penjadwalan ulang pertandingan,” bunyi pernyataan resmi UEFA.

uefa.com

“Pertemuan ini akan membahas perkembangan di seluruh kompetisi dalam lingkup UEFA.

Keputusan untuk menggelar rapat terkait keberlangsungan Liga Champions musim ini digelar beberapa hari setelah presiden UEFA, Alesander Ceferin mengatakan bahwa kompetisi ini mungkin saja dibatalkan.

“Jika kami gagal memulai kembali kompetisi, maka musim ini bisa saja dianggap batal dan tidak dilanjutkan,” kata Ceferin.

Sementara itu, Asosiasi pesepak bola dunia, FIFPro meminta agar kompetisi 2019/20 bisa dirampungkan jika pandemi corona sudah mereda. FIFPro tak setuju dengan usulan kompetisi musim ini dibatalkan.

FIFPro beralasan bahwa pembatalan kompetisi sepak bola musim ini akan lebih banyak mendatangkan kerugian bagi banyak pihak, tidak hanya para pesepak bola.

“Semua pihak yang terlibat dalam sepak bola akan merugi jika opsi pembatalan kompetisi dilakukan. Bahkan sekedar untuk memikirkan pembatalan tersebut ialah sesuatu yang tidak tertanggung jawab,” kata sekretaris jenderal FIFPro, Jonas Baer-Hoffmann.

Sejumlah klub di Eropa sendiri saat ini banyak yang sudah mengemukakakan wacana untuk kompetisi 2019/20 dibatalkan. Padahal ada juga opsi untuk meneruskan kompetisi dari Agustus hingga September nanti.

Terkait sikap sejumlah klub yang mengambil keputusan untuk memecat pemain, hal tersebut sangat disayangkan oleh FIFPro. Padahal menurut Baer-Hoffmann, sejumlah klub bisa untuk bersama melawan krisis akibat pandemi corona.

Liga ChampionsUEFA