Kebocoran Link Streaming di Arab Saudi, FIFA Turun Tangan

Football5star.com, Indonesia – FIFA dan UEFA tampaknya serius menangani beredarnya tautan illegal pertandingan di Arab Saudi. Dua badan tinggi sepak bola itu menyoroti perusahaan penyiaran setempat, beautQ yang dengan sengaja menyediakan link illegal untuk pertandingan sepak bola.

Padahal, beautQ sudah mengantongi lisensi resmi dari beIN Sports sebagai pemegang hak siar di kawasan itu. Selain itu, seharusnya beautQ menyediakan layanan menonton berbayar kepada seluruh pelanggannya.

Kini, Arabsat, sebuah perusahaan yang memungkinkan siaran tersebut jadi sorotan. Otoritas setempat mempertanyakan mengapa beautQ bisa dengan leluasa menyebar tautan pertandingan sepak bola secara gratis.

Hasil Lengkap LaLiga Pekan ke-4 - @FCBarcelona
twitter.com/fcbarcelona

“Laporan memastikan soal pertanyaan mengapa bisa terjadi pembajakan oleh beautQ dan disebarkan melalui jaringan satelit milik Arabsat.  Tindakan tersebut adalah illegal dan menyakiti semua yang terlibat dalam hiburan sepak bola termasuk penggemar,” tulis laporan resmi itu seperti dikutip dari BBC.

Namun, dalam keterangan lebih lanjut, Arabsat menolak dikatakan memfasilitasi siaran illegal tersebut. Pihaknya malah mengaku bahwa jaringan mereka dibajak oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Justru, ia menyalahkan beIN yang telah menyebarkan informasi keliru.

Disinyalir, kekacauan ini disebabkan oleh meregangnya hubungan Arab Saudi dan Qatar sejak 2017. Keduanya dikabarkan memutus hubungan diplomatik karena ketidakmampuan Saudi menjaga stabilitas di kawasan Timur Tengah.

Comments
Loading...