Kegagalan Lolos Piala Dunia 2002 Hantui Belanda

Football5star.com, Indonesia – Kekalahan 0-4 dari Prancis tadi malam membuat nasib Belanda semakin mengkhawatirkan. Dengan hanya mengantongi 10 poin dari tujuh pertandingan, mereka terancam gagal lolos ke putaran final Piala Dunia 2018 yang akan berlangsung di Rusia.

Jika ingin lolos dengan aman, tim asuhan Dick Advocaat harus memenangi tiga laga sisa melawan Belarus, Bulgaria, dan Swedia. Melawan Belarusia, Wesley Sneijder dkk. harus mengulang torehan positif pada pertemuan pertama di De Kuip, Rotterdam.Saat itu, mereka menggilas tamunya dengan skor 4-1.

Lalu, saat berhadapan dengan Bulgaria, kesempatan Belanda membalas kekalahan di pertemuan pertama terbuka lebar. Pasalnya, mereka akan bertindak sebagai rumah di Amsterdam Arena Senin (3/7/2017) dini hari. Tiker Rusia 2018 dipastikan aman di genggaman jika merepa mampu mengalahkan Swedia di Amsterdam Arena pada 10 Oktober 2017.

Jika gagal memenangi dua laga tersebut, mereka harus bersiap mengalami kegagalan lolos Piala Dunia, seperti yang dialami pada 2002. Saat itu, tim asuhan Louis van Gaal hanya finis di peringkat tiga grup.

Ruud van Nistelroy dkk. tercecer dari Portugal dan Irlandia yang berhasil lolos. Kegagalan menembus Piala Dunia 2018 juga akan membuat mereka absen pada dua turnamen besar secara berturut-turut. Pada Euro 2016, De Oranje juga gagal lolos karena hanya finis di peringkat keempat Grup A kala itu.

Sementara itu, di ajang Piala Dunia, Belanda sebelumnya sudah tiga kali gagal lolos. Selain di Korea Selatan dan Jepang pada 2002, Laskar Oranye juga urung berpartisipasi di Piala Dunia 1986 dan 1982.

Comments
Loading...