Keinginan Putra Raja Salman Beli Newcastle United Dicurigai

Football5star.com, Indoensia – Lembaga Amnesty International buka suara terkait keinginan konsorsium penguasa asal Arab Saudi yang dipimpin Pangeran Mohammed bin Salman untuk membeli saham Newcastle United.

Menurut Amnesty International seperti dikutip Football5star.com dari Daily Mail, Selasa (28/1/2020) pihak Newcastle harus mempertimbangkan keinginan dari konsorsium Arab Saudi itu. Alasannya karenat keinginan tersebut semata untuk memperbaiki citra Arab Saudi.

getty images

“Sepak bola digunkan untuk membersihkan citra sebagai negara yang melanggar Hak Asasi Manusia. Bukan bagi kami untuk mengatakan siapa yang layak untuk membeli Newcastle United. Namun ini adalah pencucian citra dalam olahraga,” kata kepala kampanye Amnesty Internasional, Felix Jakens.

“Arab Saudi dikenal dengan upaya mereka menggunakan olahraga untuk memperbaiki citra mereka. Olahraga dan klub sepak bola papan atas dijadikan public relations bagi mereka untuk mengalihkan masalah pelanggaran HAM,” tambah Jakens.

The Wall Street Journal baru-baru ini menyebutkan bahwa pemilik The Magpies, Mike Ashley tengah mempertimbangkan untuk melepas sahamnya kepada konsorsium Arab Saudi asalkan mereka bersedia membayar 340 juta poundsterling.

Comments are closed.