Kekalahan Barcelona Tambah Ironi Piala Super Spanyol

Football5Star.com, Indonesia – Kekalahan Barcelona dari Atletico Madrid, Kamis (10/1/2020) dini hari WIB, menimbulkan sebuah ironi. Kekalahan itu membuat final Piala Super Spanyol mempertemukan dua tim yang tak berstatus juara LaLiga dan Copa del Rey.

Sebelum Barcelona kandas, Valencia yang berstatus juara Copa del Rey 2018-19 juga tersisih. Tim asuhan Albert Celades gagal melangkah ke final Piala Super Spanyol karena kalah 1-3 dari Real Madrid yang diwarnai olympic goal ‘gol dari tendangan penjuru’ Toni Kroos.

Mengenai ironi yang timbul gara-gara kekalahan Barcelona, Lionel Messi tak menyalahkan format baru ajang itu. Dia menilai kekalahan dari Atletico Madrid murni karena keteledoran timnya jelang laga usai. “Kami ingin bertarung dan menang. Bagi kami, ini pukulan yang sungguh keras,” kata dia seperti dikutip Football5Star.com dari Marca.

Kegagalan Barcelona lolos ke final membuat final Piala Super Spanyol tak diikuti juara LaLiga atau Copa del Rey.
standard.co.uk

Itu bukan satu-satunya ironi yang ada di gelaran kali ini. Setidaknya ada dua ironi lain. Pertama, meskipun bertajuk Piala Super Spanyol, ajang ini tidak digelar di Spanyol. Sesuai putusan RFEF, ajang ini digelar di negeri lain, yakni Arab Saudi.

Kedua, sesuai tradisi sebelumnya, ajang yang dalam bahasa Spanyol disebut Supercopa de Espana tahun ini seharusnya berlangsung pada 2019. Namun, karena perubahan format dan tempat perhelatan, ajang ini baru digelar pada 2020.

Meskipun demikian, kegagalan Barcelona dan Valencia selaku juara LaLiga dan Copa del Rey lolos ke final cukup bisa terobati. Pasalnya, akan tercipta Derbi Madrid pada partai puncak nanti. Bagaimanapun, pertemuan Real Madrid dengan Atletico Madrid tetap menjanjikan pertandingan sengit, tak kalah dari El Clasico.

Derbi Madrid pada Piala Super Spanyol kali ini merupakan yang kedua sepanjang sejarah. Sebelumnya, pertemuan Real Madrid dengan Atletico Madrid terjadi pada 2013-14. Saat itu, Los Cholconeros berstatus juara LaLiga, sedangkan Los Blancos sebagai juara Copa del Rey. Hasil akhirnya, Atletico menang dengan agregat 2-1.

Comments are closed.