Kemenangan Bersejarah Andorra di Kualifikasi Piala Eropa

Football5star.com, Indonesia – Sejarah tidak hanya diciptakan oleh tim besar saja. Tim kecil seperti Andorra pun bisa melakukan hal serupa di sepak bola.

Andorra baru saja membuat 77 ribu warganya tersenyum gembira. Untuk pertama kalinya sejak keikutsertaan mereka di sepak bola Eropa, negara yang berbatasan langsung dengan Spanyol ini meraih kemenangan.

Kemenangan bersejarah itu dibuat saat mereka mengalahkan Moldova 1-0 di Estadi Nascional, Sabtu (12/10/2019). Ini jadi tiga poin pertama mereka selama mengikuti kualifikasi Piala Eropa.

@Fedandfut

Adalah Marc Vales yang membuat namanya abadi di buku sejarah negara yang dikelilingi pegunungan indah ini. Ya, dia lah pencetak gol semata wayang di laga ketujuh Kualifikasi Piala Eropa 2020.

Sebagai salah satu tim terkecil di Eropa, kemenangan 1-0 ini tentu akan terus dikenang. Terlebih kemenangan terakhir yang diraih anak asuh Koldo Alvarez terjadi pada Maret 2018 lalu. Itu pun hanya terjadi di laga persahabatan melawan Liechtenstein.

Tak ayal, tiga poin yang diraih atas Moldova ini membuat negara yang memakai bahasa Katalonia untuk komunikasi warganya sehari-hari itu beranjak dari juru kunci Grup H.

Meraih tiga poin, Andorra kini berada di peirngkat kelima, menggeser Moldova yang harus turun ke peringkat terendah. Selanjutnya, Jesus Rubio dkk akan tandang ke Islandia tengah pekan nanti.

Pertandingan nanti tidak menentukan apa pun karena negara berperingkat 139 FIFA sudah dpastikan tak lolos ke Euro 2020. Tapi berbekal kemenangan 1-0 atas Moldova, tentu mereka ingin membuat sejarah baru yang lebih mentereng. Yakni menang di kandang lawan untuk pertama kali.

Comments
Loading...