Kenang Masa Lalu, Fan Kosovo Ucapkan Terima Kasih kepada Inggris

Football5star.com, Indonesia – Kekalahan telak 0-4 Kosovo dari Inggris sepertinya tidak terlalu disesali pendukung mereka. Yang ada, para fan justru mengucapkan terima kasih.

Laga yang berlangsung di Stadion Pristina, Senin (18/11/2019) dinihari WIB diharapkan jadi titik balik sepak bola Kosovo. Ya, jika berhasil menang, mereka berkesempatan melaju ke Piala Eropa 2020 untuk pertama kali sepanjang sejarah negara tersebut.

Tapi apa daya, The Three Lions masih terlalu kuat. Tuan rumah kalah 0-4 lewat gol yang masing-masing dicetak oleh Harry Kane, Harry Winks, Marcus Rashford, dan Mason Mount. Hasil ini membuat negara pecahan Yugoslavia itu hanya menduduki peringkat ketiga Grup A di bawah tim besutan Gareth Southgate dan Republik Ceko.

Kendati demikian, fan tuan rumah melihat pertandingan ini lebih dari sekadar pertandingan biasa. Ya, dari tribun penonton, mereka membentangkan spanduk ucapan terima kasih untuk Inggris.

Ucapan terima kasih ini dilatar belakangi masa lalu negara Eropa Timur itu. Pada masa perang Yugoslavia 1990 silam, Inggris datang mengulur bantuan, terutama untuk etnik Kosovo dan Albania yang jadi korban kekejaman tentara Serbia.

“Ketika kami mengalami genosida dan perempuan jadi korban pemerkosaan, kalian datang membawa harapan untuk kemerdekaan. Terima kasih banyak Inggris,” tulis salah satu spanduk yang dibawa fan.

“Rasial tidak memiliki tempat di Kosovo. Rumah kami juga rumah untuk teman kami. Selamat datang Inggris tercinta,” bunyi spanduk lainnya.

Tidak hanya dari spanduk-spanduk tersebut. Fan tuan rumah juga membentangkan replika bendera Inggris berukuran kecil sebagai bentuk terima kasih.

Sebagai informasi, kendati Republik Kosovo sudah terbentuk sejak 2 Juli 1990 silam, mereka baru bisa mendeklarasikan kemerdekaan pada 2008.

Comments
Loading...