Kenapa Ayam Wareng jadi Maskot Anyar Persita?

Football5star.com, Indonesia – Tim promosi Liga 1 2020, Persita resmi merilis jersey terbaru untuk mengarungi satu musim kompetisi. Di sesi perkenalan jersey baru ini, Persita juga memperkenalkan maskot baru, Ayam Wareng.

Maskot baru ini sekaligus menggantikan maskot lama, Mat Peci. Mengapa kubu Persita, memilih Ayam Wareng sebagai maskot anyar mereka?

Menurut presiden klub, Ahmed Rully Zulfikar pemilihan maskot baru merupakan langkah tim Pendekar Cisadane untuk menjadi klub yang makin profesional.

“Sejarah itu tidak akan bisa kami tinggalkan. Tapi kami mau menatap ke depan. Persita adalah klub profesional,” ujar pria yang merupakan adik kandung dari Bupati Tangerang Ahm Zaki Iskandar ini seperti dikutip Football5star.com dari redaksi24, Kamis (27/2/2020).

Sekedar informasi, Ayam Wareng sendiri merupakan ikon Kabupaten Tangerang pada 2017. Ayam wareng adalah ayam kate berbulu hitam pekat dan saat ini sudah sangat langka.

Kasi Budidaya Peternakan, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Tangerang, Rini Dwi Ari Hayati mengakui, populasi ayam wareng minim. Bahkan masuk katagori langka.

“Kami mencoba membudidayakan ayam wareng melalui UPT Taman Ternak, Lab Keswan (Kesehatan Hewan) dan Kesmavet (Kesehatan Masyarakat Veteriner) di Curug. Sekarang ada puluhan ekor,” ujarnya pada 2017 lalu.

Ayam Wareng Tangerang pernah diteliti Balai Penelitian Peternakan (Balitnak) di Bogor. Hasilnya diketahui Ayam Wareng hasil persilangan antara ayam Rusia dengan ayam Leghorn putih.

EntertainmentLiga 1 2020Persita Tangerang