Kepa dan Deretan Pemain Bilbao dengan Harga Selangit

Banner Footbal Live Star-Football5star

 

Football5star.com, Indonesia –¬†Kepa Arrizabalaga resmi menyandang gelar kiper termahal dunia setelah dibeli Chelsea dari Athletic Bilbao seharga 80 juta euro. Namun, ia bukan satu-satunya pemain yang mampu dijual dengan harga selangit oleh klub asal Basque tersebut.

Walau Bilbao selama ini dikenal sebagai satu-satunya klub yang 99 persen skuatnya dihuni pemain asli daerahnya, mereka tidak pernah kehabisan talenta handal. Bahkan lewat didikan dan karier berjenjang, mereka mampu meraup keuntungan tinggi dengan menjual para bintang ke klub mapan Eropa.

Di ajang Premier League, mereka mampu menjual dua pemain binaan klub di atas 35 juta euro. Penjualan Ander Herrera ke Manchester United cukup menyita perhatian ketika itu. Bermain apik selama memperkuat Bilbao, ia kemudian ditaksir Setan Merah dengan harga 36 juta euro.

@ManCIty

Bergeser ke tengah kota, Manchester City berjudi ketika membayar 65 juta euro kepada Los Leones demi mendapatkan Aymeric Laporte. Harga tersebut sekaligus menasbihkan pemain berpaspor Prancis itu menjadi bek termahal dunia ketika itu.

Talenta berbakat Basque pun tercium hingga ke Bundesliga. Tim raksasa Jerman, Bayern Munich, kepincut dengan kapten Bilbao saat itu, Javi Martinez. Setelah melakukan negosiasi alot, kedua klub akhirnya menyetujuhi transfer 40 juta euro untuk sang gelandang.

Harga tinggi yang dikeluarkan tim-tim raksasa itu tidak sia-sia. Terbukti mereka mampu menjawab ekspektasi tinggi klub dengan mempersembahkan gelar bergengsi.

Sementara itu, Kepa bukanlah satu-satunya alumni Basque yang hijrah ke Chelsea. Jauh sebelum dirinya, The Blues pernah mendatangkan Asier Del Horno pada musim 2005-2006.

Comments
Loading...