Kepala Staf Kepresidenan RI Puji Persebaya dan Bonek

Football5star.com, Indonesia – Kepala Staf Kepresidenan Republik Indonesia, Teten Masduki, memuji langkah Persebaya dan Bonek Mania yang kini mulai berubah menuju ke arah yang lebih baik. Bonek yang dulu terkenal dengan stigma negatifnya diyakini oleh beberapa pihak kini perlahan-lahan mulai berubah.

Hal itu disampaikan Teten saat menjamu Presiden Persebaya, Azrul Ananda, di Bina Graha, Rabu, 6 September 2017. Teten juga mengapresiasi berbagai hal positif yang terjadi di Persebaya.

Perubahan itu mulai nampak ketika sudah tak ada nyanyian yang bernada rasis ketika Persebaya berlaga. melakukan kekerasan, dan memiliki kesadaran tinggi untuk membeli tiket setiap pertandingan. Meski juga masih ada catatan yang mesti diperbaiki oleh Bonek kedepannya.

Perubahan signifikan itu tak terlepas dari peran manajemen Persebaya yang membantu merubah stigma negatif tersebut. Persebaya yang kini berlaga di Liga 2 tercatat sebagai tim dengan rataan jumlah penonton tertinggi, bahkan melampaui tim-tim Liga 1.

“Apa yang kini dialami Persebaya dan Bonek merupakan revolusi mental dalam arti sebenarnya,” papar Azrul dalam pertemuan tersebut, Rabu (6/9/2017).

“Kalau ada sekelompok suporter bernyanyi rasis atau merendahkan tim lawan, sontak ribuan Bonek lain akan mem-‘boo’ dan meminta mereka diam,” kisah Azrul.

Teten juga berharap apa yang dilakukan Green Force dapat menjadi inspirasi bagi klub-klub lain. “Kisah sukses seperti ini harus dibukukan, sehingga masyarakat tahu dan jadi lesson learn bagi persepakbolaan nasional kita. Semua ini bisa terwujud kalau visinya benar,” ungkapnya.

 

Comments
Loading...