Kilas Balik: Piala Dunia 2010

Piala Dunia 2010 - Football5star.com
ESPN

Football5Star.com, Indonesia – Ajang Piala Dunia akhirnya menyambangi Benua Afrika untuk kali pertama pada tahun 2010. Kali ini, giliran Afrika Selatan yang mendapatkan kehormatan untuk menjadi tuan rumah bagi ajang prestisius tersebut.

Edisi ini menjadi yang ke-19 kali sepanjang sejak pertama kali digelar pada tahun 1930 silam. Turnamen kali ini digelar pada  11 Juni – 11 Juli 2010 di 10 stadion yang tersebar di 9 kota penyelenggara. Ajang kali ini diikuti oleh 32 peserta yang berasal dari 6 konfederasi FIFA.

Timnas Spanyol berhasil keluar sebagai juara dengan mengalahkan Belanda di partai final. Anak asuh Vicente del Bosque kala itu memainkan sepak bola cantik terinspirasi dari filosofi permainan Barcelona, Tiki Taka. Keberhasilan ini adalah yang pertama bagi timnas Spanyol di ajang Piala Dunia.


DATA & FAKTA
Poster Piala Dunia 2010 - Football5star.com
Soccerphile

Tuan Rumah: Afrika Selatan
Waktu: 11 Juni -11 Juli 2010
Peserta: 32 tim
Venue: 10 stadion, 9 kota
Maskot: Zakumi
Bola Resmi: Jabulani
Juara: Spanyol
Runner-up: Belanda
Final: Spanyol 1-0 Belanda
Jumlah Pertandingan: 64
Gol: 145 (2,27 per laga)
Penonton: 3.178.856 (49.670 per laga)


FAKTA MENARIK
  • Timnas Spanyol menorehkan catatan menarik. dari penyisihan grup hingga final, tim asuhan Vicente del Bosque hanya mencetak 8 gol. Sebelumnya, tim juara paling tidak mengemas 11 gol sepanjang turnamen.
  • Selandia Baru merupakan satu-satunya tim yang tidak merasakan kekalahan walaupun harus tersingkir di fase grup.
  • Vuvuzela menjadi ciri khas yang paling diingat di Piala Dunia 2010. Namun, alat tiup ini sempat menuai polemik. Pasalnya, kebisaingan luar biasa dari tiupan vuvuzela dinilai menyulitkan para pemain dan pelatih berkomunikasi di lapangan.
  • Tidak banyak warga asli Afrika yang datang ke stadion. harga tiket yang mahal jadi penyebabnya.
  • Pada pekan pertama penyelenggaraan, banyak pekerja stadion yang mogok karena bayaran yang terlampau kecil. Akhirnya tugas mereka digantikan petugas kepolisian.
  • Andres Iniesta mempersembahkan golnya di babak final kepada Dani Jarque yang meninggal pada 2009 karena terkena serangan jantung.
  • Dejan Stankovic punya catatan unik. Dia tampil di tiga Piala Dunia dengan tiga nama negara berbeda. Pada 1998, dia membela Yugoslavia, Delapan tahun kemudian, dia memperkuat Serbia & Montenegro di Jerman 2006. Adapun di Piala Dunia 2010, dia berada di skuat Serbia.
  • Pelatih Korea Utara, Kim Jong-hun, mendaftarkan striker Kim Myong-won sebagai kiper. Itu dilakukan karena enggan membawa tiga kiper. Namun, begitu FIFA tahu, Myon-won hanya bisa turun sebagai kiper.

MILESTONE
  • Piala Dunia untuk kali pertama digelar di Benua Afrika.
  • Spanyol menambah deretan juara Piala Dunia. La Furia Roja adalah tim ke-8 yang juara di ajang ini.
  • Turnamen ini merupakan ajang olah raga yang paling dilihat secara online. Total, ada 942 juta menit yang disiarkan oleh ESPN3.com dengan rata-rata 2 jam bagi setiap penontonnya.
  • Afrika Selatan menjadi satu-satunya tim tuan rumah yang tersingkir di fase grup.
  • Iker Casillas berhasil menyamai rekor Fabien Barthez dan Gianluigi Buffon dengan hanya kebobolan 2 gol sepanjang turnamen.
  • Pelatih Yunani, Otto Rehagel, menjadi pelatih tertua di ajang Piala Dunia (71 tahun 317 hari). Dia melewati rekor Cesare Maldini (70 tahun 117 hari) pada 2002.
  • Ravshan Irmatov berhasil menjadi yang paling banyak memimpin laga di 1 turnamen (5 pertandingan).
  • Laga final yang mempertemukan Spanyol dan Belanda menjadi pertandingan final terkotor sepanjang sejarah dengan 14 kartu kuning. Rinciannya, 5 untuk Spanyol dan 9 untuk Belanda.
  • Untuk kali pertama, tiga bersaudara memperkuat sebuah tim di Piala Dunia. Jhony, Wilson,
    dan Jerry Palacios dipanggil oleh pelatih Reinaldo Rueda untuk memperkuat timnas Honduras.
  • Untuk kali pertama dua saudara saling berhadapan. Itu terjadi kala Jerome Boateng, bek Jerman, berjumpa Kevin-Prince Boateng yang membela Ghana di penyisihan grup.
  • Javier Hernandez alias Chicharito membuat sejarah. Dia menjadikan keluarganya sebagai yang pertama menyetor pemain di tiga generasi. Sebelumnya, kakek Chicharito, Tomas Balcazar, hadir di Swiss 1954. Adapaun ayah Chicharito, Hernandez Sr. memperkuat Meksiko di Piala Dunia 1986.
  • David James mencatatkan rekor debut tertua di Piala Dunia. Saat Inggris melawan Alzajair, James sudah berumur 39 tahun 321 hari. Sebelumnya, di Piala Dunia 2002 dan 2006, James hanyalah cadangan yang tak pernah diturunkan.
  • Swiss menorehkan rekor tak kebobolan selama 559 menit. Itu melewati catatan clean sheet selama 550 menit milik Italia.
  • Carlos Alberto Parreira mencatatkan diri sebagai pelatih pertama yang berpartisipasi di enam edisi Piala Dunia.

PEMAIN TERBAIK: DIEGO FORLAN (URUGUAY)
Diego Forlan - football5star.com
Goal

Penampilan gemilang Diego Forlan berhasil membawa Uruguay menempati peringkat ke-4 di akhir turnamen. Forlan saat itu juga berhasil mencetak 5 gol bagi La Celeste.

Tiga dari lima gol Forlan dicetak dari luar kotak penalti. Pencapaian ini menyamai rekor milik legenda Jerman, Lothar Matthaeus pada edisi Italia 1990. Forlan juga berhasil mencetak gol terbaik sepanjang turnamen di pertandingan melawan Jerman di perebutan tempat ke-3.


PENCETAK GOL TERBANYAK: THOMAS MUELLER (JERMAN)
Thomas Mueller - football5star.com
twitter.com/classic1904

Thomas Mueller berhasil mencetak 5 gol di turnamen ini. Torehan tersebut sama dengan Diego Forlan, Wesley Sneijder, dan David Villla. Mueller berhak meraih golden boot karena dirinya tak sekali pun mencetak gol melalui titik putih, dan berhasil mencetak 3 assist.

Gol pertamanya lahir di laga perdana Jerman di Piala Dunia melawan Australia. Kemudian, ia berhasil mencetak 2 gol dan 1 assist di pertandingan melawan Inggris di babak 16 besar. Selanjutnya, pemain Bayern Munich itu mencetak masing-masing 1 gol ke gawang Argentina di babak perempat final, dan Uruguay di perebutan tempat ke-3.


PEMAIN MUDA TERBAIK: THOMAS MUELLER (JERMAN)
Thomas Mueller (Football5star.com)
FIFA

Selain berhak memenangkan golden boot, penampulan luar biasa Mueller juga membuatnya mendapatkan penghargaan sebagai pemain muda terbaik sepanjang turnamen. Ia berhasil mengalahkan Andre Ayew dari Ghana dan Giovani Dos Santos dari Meksiko.

Saat turnamen dimulai, Mueller belum genap berusia 21 tahun. Sebelum bermain di turnamen ini, Mueller juga beru 2 kali tampil bersama timnas Jerman. Ia berhasil membayar kepercayaan yang diberikan Joachim Loew kepadanya dengan mencetak 5 gol dan 3 assist serta sukses membuat Jerman menjadi juara ke-3 di turnamen ini.


KIPER TERBAIK: IKER CASILLAS (SPANYOL)
Iker Casillas (football5star.com)
ESPN

Iker Casillas menjadi kiper terbaik di gelaran ini setelah ia berhasil membawa Spanyol keluar sebagai juara. Ia menjadi kapten ketiga dengan posisi kiper kiper yang berahasil menjuarai Piala Dunia. Dua nama lainnya adalah Gianpiero Combi di tahun 1934 dan Dino Zoff pada edisi 1982.

Casillas hanya 2 kali harus memungut bola dari gawangya. Total, ia berhasil mencetak 5 clean sheet. Pemain Real Madrid tersebut juga berhasil menggagalkan sepakan penalti dari pemain Paraguay di babak perempat final serta membuat 2 penyelamatan gemilang di babak final.

Comments
Loading...