Kiper Arsenal Belum Menyerah Kejar Tiket Liga Champions

Football5Star.com, Indonesia – Arsenal memang masih terseok-seok di papan tengah Liga Inggris pada musim ini. Namun, hal itu tak membuat kiper Mat Ryan kehabisan asa. Kiper pinjaman dari Brighton & Hove Albion itu yakin The Gunners masih dapat meraih tiket Liga Champions musim depan.

Arsenal saat ini ada di posisi ke-11 klasemen sementara Liga Inggris dengan 31 poin dari 23 pertandingan. The Gunners gagal menambah poin pada dua laga yang berlangsung dalam sepekan terakhir. Tim asuhan Mikel Arteta kalah 1-2 dari Wolverhampton dan ditaklukkan 0-1 oleh Aston Villa. Pada laga terakhir, Ryan tampil mengawal gawang The Gunners.

Hanya mengoleksi 31 poin, gelar juara bisa dikatakan jadi hal mustahil bagi Arsenal. Pasalnya, mereka tertinggal 19 poin dari Manchester City yang berada di puncak klasemen. Namun, mereka hanya terpaut 9 poin dari Liverpool yang berada di posisi ke-4. Inilah yang jadi asa Ryan.

Mat Ryan siap memberikan kontribusi untuk membawa Arsenal lolos ke Liga Champions musim depan.
Getty Images

“Sisa musim masihlah panjang dan semoga saja kami dapat menyudahinya dengan kuat, bangun, menembus zona Eropa, dan lolos ke Liga Champions,” kata Mat Ryan seperti dikutip Football5Star.com dari London Evening Standard.

Ryan sadar posisinya hanyalah back up bagi sang kiper utama, Bernd Leno. Namun, kiper asal Australia itu siap memberikan kontribusi terbaik demi membawa Arsenal bangkit dan lolos ke Liga Champions.

“Dalam hidup dan sepak bola, kita harus selalu menyingsingkan lengan baju dan siap menghadapi apa pun yang datang,” kata Ryan. “Datang ke sini, jujur saya, aku mungkin tak berpikir akan dapat kesempatan main di Premier League. Bagiku, ini adalah bonus.”

Arsenal Sudah 4 Tahun Absen

Laga terakhir Arsenal di Liga Champions adalah saat kalah 1-5 dari Bayern Munich di Stadion Emirates pada musim 2016-17.
skysports.com

Misi lolos ke Liga Champions bukan semata impian Mat Ryan, melainkan seluruh pemain Arsenal. Bukan apa-apa, The Gunners sudah empat musim ini tak berpartisipasi di sana. Dalam empat musim, mereka hanya berkutat di kompetisi kasta kedua, yakni Liga Europa.

Arsenal tampil di Liga Champions untuk kali terakhir pada 2016-17. Kala itu, mereka masih ditangani sang manajer legendaris, Arsene Wenger. Langkah The Gunners terhenti pada babak 16-besar dengan kalah agregat 2-10 dari Bayern Munich.

Sebelumnya, Arsenal tak pernah absen berlaga di Liga Champions dalam 19 musim beruntun. Dari 1998-99, The Gunners selalu berpartisipasi di ajang antarklub terakbar di Eropa tersebut. Prestasi terbaik mereka adalah lolos ke final pada musim 2005-06. Mereka finis sebagai runner-up setelah kalah 1-2 dari Barcelona dalam laga yang diwarnai kartu merah untuk kiper Jens Lehmann.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More