Kiper Legendaris Barca Beberkan Masalahnya dengan Cruyff

Football5Star.com, Indonesia – Nama Andoni Zubizarreta dan Johan Cruyff begitu dielu-elukan oleh pendukung Barcelona. Namun, siapa sangka jika keduanya pernah memilki masalah serius. Baru-baru ini, kiper legendaris Barca itu pun membeberkan permasalahan keduanya yang sempat memanas.

Zubizarreta adalah kiper andalan Barca yang pernah dilatih Cruyff pada tahun 1986 hingga 1994 silam. Kerja sama keduanya bahkan memberikan banyak gelar bagi klub Katalonia tersebut. Namun, keakraban mereka harus berakhir antiklimaks pada tahun 1994.

Bermula pada kekalahan telak 0-4 Barca atas AC Milan di final Liga Champions tahun tersebut, Cruyff murka pada performa kiper andalannya itu. Bahkan seusai laga, pelatih yang mengenalkan permainan Total Football di klub Katalonia itu memerintahkan Zubizarreta hengkang di akhir musim.

marca.com

“Saya tidak akan pernah melupakan apa yang dikatakan Cruyff saat wawancara ketika itu. Perkataannya tentang diri saya sangat menyakitkan. Kadang ia bertanya siapa kiper terbaik di dunia dan ia menjawab Stanley Menzo dari Ajax Amsterdam,” ujar Zubizarreta kepada Movistar, Jumat (2/3/2018).

“Ketika Cruyff menjadikan saya kiper di pramusim, Saya selalu dibilang mengecewakan dan dia menghina saya. Hal itu tentu tak akan saya lupakan,” sambungnya.

Pada akhirnya, Zubizarreta hengkang ke Valencia pada 1994. Di sana ia memainkan 150 laga sebelum memutuskan pensiun. Setelah itu hubungannya dengan legenda Belanda yang telah meninggal 2016 lalu tersebut kembali membaik.

Comments
Loading...