Kiprah Sarri di Chelsea dalam Angka

Football5star.com, Indonesia – Kebersamaan Maurizio Sarri dengan Chelsea tak berlangsung lama. Baru semusim di Stamford Bridge, Sarri memutuskan kembali ke Italia setelah menerima tawaran melatih Juventus pada Minggu (16/6/2019).

Sarri ditunjuk sebagai pengganti Antonio Conte di kursi manajer The Blues pada musim panas 2018. Dia menandatangani kontrak berdurasi tiga musim.

Kiprah Sarri selama menukangi Eden Hazard dan kolega mengalami pasang surut. Dia sempat mencatatkan kemenangan beruntun dalam lima laga awal Premier League.

David Luiz - Maurizio Sarri - Chelsea - London Evening Standard
Foto: Standard.co.uk

Catatan apik berlanjut setelah The Blues tidak terkalahkan dalam tujuh laga berikutnya. Memasuki akhir 2018, performa mereka perlahan menurun sebelum bangkit jelang akhir musim.

Sarri mengakhiri kiprahnya sebagai juru taktik Chelsea dengan manis. Dia membawa The Blues meraih trofi Liga Europa dan finis di posisi ketiga klasemen akhir Premier League.

Berikut ini adalah kiprah Maurizio Sarri sebagai manajer Chelsea dalam angka:

2 – Di bawah asuhan Maurizio Sarri, Chelsea tampil dalam dua final pada musim 2018-19. The Blues menjuarai Liga Europa, tetapi takluk dari Manchester City pada partai puncak Piala Liga.

3 – Cesar Azpilicueta dan kolega finis di urutan ketiga klasemen Premier League meski tertinggal 26 juara dari sang juara, Man. City.

63 – Selama menukangi Chelsea, Sarri melakoni 63 pertandingan di semua kompetisi.

61,9 – Manajer asal Italia tersebut mencatatkan 61,9 persen rasio kemenangan (13 seri, 11 kalah).

12 – The Blues tidak terkalahkan dalam 12 laga perdana di bawah asuhan Sarri dalam kompetisi dan memenangi lima laga awal.

112 – The Blues mencatatkan 112 gol dalam berbagai kompetisi musim lalu, sedangkan kebobolan 58 kali.

5-0 – Kemenangan terbesar The Blues di bawah asuhan Sarri, yakni saat melawan Huddersfield Town (Premier League, Februari 2019) dan Dynamo Kiev (Europpa League, Maret 2019).

0-6 – Kekalahan paling telak London Biru bersama mantan arsitek Napoli itu terjadi ketika menantang Man. City di Stadion Etihad (Premier League, Februari 2019).

2 – Sarri menjadi manajer kedua The Blues berturut-turut yang memenangi trofi pada akhir masa jabatannya. Pendahulunya, Antonio Conte, menjuarai Piala FA sebelum terdepak dari Stamford Bridge.

Comments
Loading...