Kisah Ajdin Hasic, Andalan Bosnia yang Absen Lawan Timnas U-19

Football5Star.com, Indonesia – Timnas U-19 Bosnia & Herzegovina tampil tanpa kekuatan penuh saat menghadapi Indonesia, Jumat (25/9/2020) malam WIB. Tim asuhan Slaven Musa tak diperkuat sejumlah pemain yang jadi andalan pada tahun lalu. Selain Dal Varesanovic dan Amar Dedic, Ajdin Hasic juga absen.

Ketiadaan Hasic terbilang mengherankan. Pasalnya, dia adalah pemain andalan Musa sejak dua tahun silam. Dalam 12 laga sepanjang 2019, pemain yang kerap beroperasi di sayap kanan itu tak pernah absen. Dia bahkan beberapa kali dipercaya menjadi kapten.

Ajdin Hasic pun menunjukkan kontribusi apik. Sejak Musa dipercaya menangani timnas U-18 dan U-19 Bosnia, dia menjadi pemain tertajam. Dalam 28 laga kedua tim itu di bawah asuhan Musa, dia mengemas 5 gol. Dia unggul tiga gol atas Dal Varesanovic dan Andrija Drljo yang sama-sama hanya mengemas 2 gol.

Ajdin Hasic tak dipanggil Slaven Musa untuk laga Timnas U-19 Bosnia & Herzegovina melawan timnas U-19 Indonesia
nfsbih.ba

Melihat umurnya, Hasic masih masuk dalam kriteria Musa untuk timnas U-19 Bosnia. Saat ini, dia baru berumur 18 tahun. Namun, sejak pergantian tahun, sang pelatih justru tak lagi memasukkan namanya ke skuat. Termasuk untuk melawan timnas U-19 Indonesia. Padahal, kiprahnya belakangan kian mengilap bersama Besiktas.

Bergabung secara resmi pada akhir Januari lalu, Hasic jadi andalan pelatih Sergen Yalcin. Dalam dua laga awal Besiktas musim ini, Hasic selalu jadi starter. Dia menyisihkan dua pemain senior, Jeremain Lens dan Adem Ljajic. Menurut jurnalis Candas, Tolga Isik, performa apik itu membuat manajemen Besiktas berubah pikiran.

Ajdin Hasic menyisihkan Jeremain Lens dan Aden Ljajic di Besiktas musim ini.
turkish-football.com

“Besiktas mungkin meminjamkan beberapa pemain. Sebut saja (Domagoj) Vida ke (AS) Roma atau Ljajic ke (klub) Arab Saudi. Saya kira hal yang sama berlaku untuk Hasic. Namun, Besiktas ingin mempertahankan dia karena penampilannya mengesankan,” urai Isik seperti dikutip Football5Star.com dari Sportske.

Yalcin bahkan terlihat seperti mengistimewakan Ajdin Hasic. Menurut laporan Takvim, sang pelatih selalu memantau khusus sang winger dalam setiap sesi latihan. Dia juga kerap terlihat berbicara dengan sang pemain untuk memberikan motivasi dan masukan.

Kepercayaan sang pelatih itu adalah pembuka jalan bagi Hasic untuk mewujudkan ambisinya. Sejak akhirnya dapat membela Besiktas, dia terang-terangan ingin jadi pemain andalan. “Aku akan melakukan apa pun untuk jadi pemain yang tak tergantikan di tim ini. Aku sangat yakin,” ucap dia seperti dikutip Foto Mac.

Hasic Sudah Lama Diramal Jadi Bintang

Hasic memang bukan pemain sembarangan. Di mana pun berada, dia selalu mengesankan dan dinilai akan jadi bintang besar. Di timnas U-17 bosnia & Herzegovina, penampilannya membuat pelatih Sakib Malkocevic berkali-kali terkesima.

Pada penampilan keempat bersama timnas U-17, Hasic mencetak hat-trick saat Bosnia menaklukkan Moldova 4-0. Lalu, pada laga melawan Austria pada Kualifikasi Piala Eropa U-17, dia membuat gol spektakuler dari lingkaran tengah lapangan.

“Kami mengatakan kepada dia bahwa dia akan jadi anggota timnas senior. Saya masih memegang kata-kata itu. Hanya sebuah kesalahan besar yang dapat mencegah dia jadi pemain timnas Bosnia,” kata Malkocevic penuh keyakinan.

Menilik kiprah apik selama ini bersama timnas U-19 Bosnia & Herzegovina dan lesatannya di Besiktas, sangat disayangkan Ajdin Hasic tak dapat dihadapi timnas U-19 Indonesia. Andai tampil, dia tentu akan jadi ujian berharga bagi tim asuhan Shin Tae-yong.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More