Kisah Buffon Abaikan Tawaran Duo Manchester

Football5star.com, Indonesia – Kiper Paris Saint-Germain (PSG), Gianluigi Buffon, mengaku pernah menjadi incaran mantan manajer Manchester United, Sir Alex Ferguson.

Ferguson mencari sosok kiper utama untuk menggantikan Peter Schmeichel yang hijrah ke Sporting CP pada musim panas 1999. Dia kepincut dengan talenta Buffon yang kala itu masih berseragam Parma.

Buffon mencuri perhatian lantaran tampil gemilang setelah melakoni debut profesional bersama I Gialloblu pada usia 17 tahun atau tepatnya November 1995. Bahkan, dia turut berjasa membantu timnya menjuarai Coppa Italia dan Piala UEFA (kini Liga Europa) pada musim 1998-99 serta Piala Super Italia 1999.

“Ketika masih muda dan bermain untuk Parma, saya terus dipantau oleh Ferguson selama dua atau tiga tahun. Dia selalu mengirim pemandu bakat untuk mengamati saya,” ujar Gianluigi Buffon, seperti dikutip Football5star dari Mirror.

“Pada saat itu, Parma adalah dunia saya dan saya tidak merasa ingin hengkang,” tutur pemain berusia 41 tahun tersebut.

Rupanya, Manchester United bukan satu-satunya klub Premier League yang pernah menginginkan servis Buffon. Rival sekota Setan Merah, Manchester City, memiliki ketertarikan yang sama dengan kiper asal Italia tersebut ketika baru dibeli Abu Dhabi United Group pada 2008.

Saat itu, Juventus masih dalam proses membangun kembali kekuatannya setelah sempat terdegradasi akibat skandal Calciopoli pada 2006. Namun, Buffon menunjukkan komitmennya dengan bertahan di Turin.

Gianluigi Buffon - Juventus
Gianluigi Buffon (Foto: Twitter @Legendary1897)

“Saya mendapat tawaran yang sangat besar ketika Manchester City mulai membangun tim dan menjadi klub terbesar di Eropa. Mereka ingin menjadikan saya rekrutan pertama, tetapi saya bertahan di Juventus,” kata Buffon.

Gianluigi Buffon akhirnya baru meninggalkan Italia setelah kontraknya bersama Juventus berakhir pada musim panas lalu. Kemudian, dia meneken kontrak berdurasi satu tahun bersama Paris Saint-Germain.

Comments
Loading...