Kisah Transgender yang Capaian Golnya Lewati Cristiano Ronaldo

Football5star.com, Indonesia – Sepak bola bagi seorang Mara Gomez sangat penting. Olahraga terpopuler sejagat ini yang menjadi penyelamat bagi seorang transgender tersebut.

Ya, Mara Gomez adalah seorang transgender yang tinggal di Argentina. Seperti kebanyakan transgender di seluruh dunia, perlakuan diskriminatif diterima oleh Mara Gomez sepanjang hidupnya. Pada satu momen, ia mengaku sempat ingin mengakhiri hidup.

“Untungnya seorang tetangga membantu saya. Dan selama periode itu, tetangga saya itu memperkenalkan saya pada sepak bola. Awalnya itu tak menarik perhatian saya. Tapi lambat laun, dengan sepak bola saya menemukan cara untuk bertahan hidup dan membantu saya melupakan banyak mimpi buruk dalam hidup ini,” ucap Gomez seperti dikutip Football5star.com dari Telam, Rabu (1/7/2020).

Kisah Mara Gomez, Transgender yang Cetak 33 Gol Selama Satu Musim
Telam

“Orang transgender praktis tidak memiliki banyak pilihan hidup, apalagi di usia 30 dan 40 tahun, tidak banyak kesempatan bekerja. Belum lagi, kami tidak mendapat akses kesehatan serta dapat perlakukan buruk di rumah sakit,” tambahnya.

Sepak bola pada akhirnya memang benar-benar ditekuni oleh Gomez. Saat ini, ia berstatus sebagai penyerang dan tengah menunggu rekomendasi untuk bisa bermain di Liga Argentina Wanita.

Karier Mara Gomez

Gomez berpeluang untuk jadi pemain transgender pertama yang berkompetisi di Liga Argentina. Apalagi saat ini di Argentina sudah disahkan UU Identitas Gender. Ia berharap pihak federasi Argentina bisa mengabulkan permohonan dirinya untuk main di Liga Argentina.

Saat ini, Gomez sendiri bermain di Liga Amatir Platense bersama klub Villa San Carlos. Ia mengaku mendapat perlakuan yang layak selama berkarier sebagai pemain di kompetisi amatir tersebut.

“Sepak bola saat ini sudah menjadi bagian dari hidup saya. Saya memiliki cita-cita besar, sebagai pemain saya ingin mendapat pengakuan dari AFA,” ucapnya.

Selama berkompetisi di liga amatir, Gomez tercatat membela tiga klub, Iris, Uocra, dan AFI Las Malvinas. Di klub terakhirnya, pada musim lalu, pemain berusia 22 tahun tersebut sudah mencetak 33 gol dan membawa Las Malvinas menjadi juara di tahun lalu.

Jumlah gol Gomez menyamai gol Lionel Messi saat jadi top skor LaLiga musim lalu dan mengalahkan 21 gol milik Cristiano Ronaldo bersama Juventus di musim 2018-19.