Kisah Unik di Balik Nama Ridle Baku, Muka Baru di Timnas Jerman

Football5Star.com, Indonesia – Ridle Baku belakangan jadi buah bibir. Pemain VfL Wolfsburg itu mendapat durian runtuh. Cedera yang menimpa Thilo Kehrer, Joshua Kimmich, dam Marcel Halstenberg membuat bek kanan Die Wolfe itu dipanggil ke timnas Jerman oleh Joachim Loew.

Baku seharusnya membela timnas U-21 Jerman pada lanjutan Kualifikasi Piala Eropa U-21. Namun, karena panggilan dari Loew, dia harus berpamitan. Menurut Baku, pelatih Stefan Kuntz ikut gembira dan termasuk yang paling awal menyampaikan ucapan selamat.

Terlepas dari hal itu, ada hal menarik dari pemain berumur 22 tahun tersebut. Itu menyangkut namanya. Nama asli Baku adalah Bote Nzuzi Baku. Adapun Ridle sejatinya adalah nama panggilan yang diberikan sang ayah.

Sejak kecil, Bote Baku dipanggil Ridle oleh ayahnya. Nama itu diambil dari eks penyerang timnas Jerman, Karl-Heinz Riedle yang dikagumi sang ayah. Pada 2018, nama panggilan itu resmi tercantum di kartu identitas Bote. Sialnya, sang ayah salah tulis. Alih-alih Riedle, yang tertulis adalah Ridle.

Hal menarik lainnya, Bote tak jadi seperti Riedle. Bukannya menjadi striker, dia malah kini beroperasi sebagai bek kanan. Sebelumnya, saat diorbitkan Sandro Schwarz di 1.FSV Mainz 05, dia adalah geladang tengah.

Saudara Kembarnya Rudi Baku

Ayah Ridle Baku sepertinya memang penggemar striker-striker hebat timnas Jerman. Selain menyukai Karl-Heinz Riedle, dia juga ternyata mengagumi Rudi Voeller. Nama itu jadi panggilan bagi saudara kembar Ridle, Makana Nsimba Baku.

dfb.de

“Rudi? Ayahku adalah penggemar berat Rudi Voeller. Itu sebabnya dia memanggilku Rudi sejak lahir,” ujar Makana seperti dikutip Football5Star.com dari Sportbuzzer.

Riedle dan Rudi Baku berkembang di bawah bimbingan sang kakak, Kokolo yang akrab dipanggil Dali. Sebagai kakak tertua, dia kerap menyertai anak kembar itu. Tak terkecuali saat trial di Hochheim. Ketika itu, mereka mendapat penolakan dari sang pelatih.

“Dia mengatakan kepada ayah kami bahwa Rudi dan Ridle terlalu bagus. Dia juga menyampaikan, anak-anak lain tak suka bermain sepak bola dengan mereka. Dia menyarankan Rudi dan Ridle untuk bergabung dengan Mainz 05 saja,” urai Dali kepada Fussball.de.

Joachim Loewkarl-Heinz RiedleLiga JermanRidle BakuTimnas JermanVfL Wolfsburg