Klarifikasi Pihak Istana Terkait Anies Dihalangi Paspampres

Football5Star.com, Indonesia – Langkah gubernur Jakarta, Anies Baswedan, terlihat dihalangi anggota paspampres ketika ingin turun mendampingi Presiden Joko Widodo untuk menyerahkan hadiah kepada Persija Jakarta di final Piala Presiden, Sabtu (17/2/2018). Hal ini pun membuat pihak istana angkat suara.

Setelah beredar video berdurasi 14 detik, warganet ramai-ramai membicarakan kejadian tersebut. Ada yang menuding pelarangan tersebut masih berkaitan dengan tensi politik ibu kota yang masih panas. Apalagi pada helatan Piala Presiden 2015, Gubernur Jakarta ketika itu, Basuki Cahaya Purnama, diperkenankan mendamiping Presiden ke lapangan.

Kejadian itu menimbulkan beberapa pendapat yang mengatakan bahwa ada arahan yang melarang Anies ikut serta dengan rombongan presiden. Tapi isu tersebut pun dibantah langsung oleh pihak istana yang diwakili oleh Deputi Bidang Protokoler, pers, dan Media sekretariat Presiden, Bey Machmudin.

@aniesbaswedan

Tindakan tersebut merupakan prosedur pengamanan karena Paspampres berpegang pada daftar nama pendamping Presiden yang disiapkan panitia. Paspampres hanya mempersilakan nama-nama yang disebutkan oleh pembawa acara untuk turut mendampingi Presiden,” ujarnya.

“Tidak ada arahan apapun dari Presiden untuk mencegah Anies. Mengingat acara ini bukan acara kenegaraan, panitia tidak mengikuti ketentuan protokoler kenegaraan mengenai tata cara pendampingan Presiden oleh Kepala Daerah,” sambugnya.

Apa yang terjadi seusai laga memang cukup mengejutkan. Terlebih selama pertandingan berlangsung kedua tokoh politik tersebut terlihat sangat akrab di tribun. Apalagi Jokowi sempat menghampiri Anies saat Marko Simic mencetak gol kedua untuk Persija.

Comments
Loading...