Klub Liga 1 Harus Catat, Panduan FIFA Soal Kontrak dan Gaji Pemain

Football5Star.com – Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA) akhirnya memberikan petujuk soal kontrak pemain yang terancam akibat pandemi COVID-19. Mereka menyebut kalau kontrak pemain yang selesai musim ini harus diperpanjang dengan beberapa persetujuan.

Seperti diketahui, virus corona yang jadi masalah global berdampak besar ke dalam sepak bola. Nyaris seluruh kompetisi di dunia dihentikan akibat virus mematikan tersebut.

Nah, imbas lainnya tentu kepada kontrak pemain. Presiden FIFA, Gianni Infantino, sudah memberikan beberapa panduan buat kontrak pemain yang habis musim ini. Pemain harus diberikan kontrak tambahan sampai musim benar-benar berakhir.

Panduan FIFA Soal Kontrak Habis, Gaji Pemain, dan Keberlangsungan Klub

“Imbas COVID-19, FIFA sudah berdiskusi dengan beberapa pihak memberikan panduan untuk masa depan sepak bola. Tapi memang intinya kesehatan lebih penting sebelum sepak bola,” bilang Gianni Infantino dikutip laman resmi AFF.

Perjanjian kerja pemain yang kedaluwarsa biasanya berakhir ketika ujung musim. FIFA menjelaskan dengan banyaknya kompetisi ditunda, diusulkan agar kontrak diperpanjang hingga waktu musim benar-benar berakhir.

Prinsip yang sama berlaku untuk kontrak anyar ketika musim baru dimulai. Itu berarti berlakunya kontrak tersebut ditunda sampai musim berikutnya benar-benar dimulai.

Perjanjian kontrak tak bisa dilanjutkan kalau COVID-19 berdampak besar kepada pendapatan klub, terutama karena tak ada pertandingan. Tapi, harus ada penyelesaian adil buat pemain dan klub. FIFA sangat mendorong klub dan pemain untuk bekerja sama menemukan kesepakatan dan solusi selama periode ini.

Soal pembayaran gaji, FIFA juga merekomendasikan melihat semua aspek dari setiap situasi secara adil. Termasuk tindakan asosiasi sepak bola masing-masing yang ada untuk mendukung klub, apakah pembayaran gaji ditunda atau dikurangi.