Klub Terpopuler di ASEAN: Persija Pertama, Persib Ketiga

Football5star.com, Indonesia – Persija Jakarta menjadi klub terpopuler di kawasan Asia Tenggara (ASEAN) versi poling Federasi sepak bola Asia, AFC. Dalam poling yang dilakukan AFC, Persija mendapat hasil poling terbanyak.

Dikutip Football5star.com dari laman resmi AFC, Sabtu (26/12/2020), dari hasil poling tim berjuluk Macan Kemayoran tersebut mendapat 32,5 persen suara. Di bawah Persija, ada klub kaya Malaysia, Johor Darul Takzim.

Klub yang baru merekrut Syahrian Abimanyu tersebut mendapat 29 persen suara. Sedangkan di peringkat ketiga, ada klub Indonesia lainnya yakni Persib. Klub yang menjadi rival Persija tersebut 16,08 persen suara.

Dalam poling yang dibuka pada Rabu 23 Desember 2020 dan ditutup pada Jumat (25/12), Indonesia diwakili oleh empat klub, selain ada Persija dan Persib, ada juga Persebaya Surabaya dan Arema FC yang masing-masing mengumpulkan vote sebanyak 6,12 persen dan 4,67 persen.

Tim-tim Indonesia berhasil mengungguli popularitas wakil Thailand, Vietnam, bahkan Australia dalam ajang ini. Sebagai tim yang populer di ASEAN, nantinya Persija dan JDT bakal kembali ‘diadu’ oleh AFC dengan klub paling populer dari kawasan Asia Tengah, Asia Selatan dan Asia Timur.

Untuk kawasan Asia Tengah dan Selatan ada dua klub dari Iran yakni Tractor FC dan Persepolis FC. Sedangkan dari Asia Timur ialah Shanghai Shenhua (Cina) dan Suwon Samsung Bluewings (Korea Selatan).

Berikut 10 klub paling populer di ASEAN berdasar poling AFC:

  1. Persija Jakarta
  2. Johor Darul Takzim
  3. Persib Bandung
  4. Persebaya Surabaya
  5. Perak FA
  6. Arema FC
  7. Hoang Anh Gia Lai FC
  8. Buriram United
  9. Hanoi FC
  10. Western Sydney Wanderers
AFCJohor Darul TakzimPersib BandungPersija Jakarta