Klub Tertua di Italia Rayakan HUT ke-126

Football5star.com, Indonesia – Klub tertua di Serie A Italia Genoa FC, Sabtu (7/9/2019) merayakan hari ulang tahun ke 126. Perayaan HUT ke-126 dirayakan para suporter Genoa di Piaza de Ferrari.

Dikutip dari halaman resmi klub, Genoa juga merencanakan untuk melakukan pertandingan persahabatan dengan klub Estella di Chiavani, Italia. Sayangnya dalam laga persahabatan tersebut, Genoa justru takluk dengan skor 2-3.

Klub berjuluk I Rossoblu ini berdiri pada 7 September 1893 silam. Menariknya saat awal berdiri, Genoa justru dibentuk untuk mewakili Inggris di kompetisi internasional. Tak heran jika jersey Genoa di awal berdirinya terinspirasi dengan timnas Inggris.

genoacfc.it

Di awal berdirinya, Genoa tak mengizinkan orang Italia untuk membela klub ini. Para pendiri orang Genoa memang berasal dari Inggris, mereka adalah James Spensley, Charles de Grave, Daniel G Fawcus, dan sejumlah peluat Inggris yang bermukim di Italia.

Malah Genoa menyebut bahwa klub ini merupakan klub yang mewakili Inggris di luar negeri. Sebagai klub yang berdiri lebih awal, Genoa pun pernah mendominasi Liga Italia.

Genoa pun catatkan meraih gelar scudetto tiga tahun tahun beruntun pada 1900. Tim-tim di awal bergulirnya Serie A seperti Ginnastica Torino ataupun Sampierdarenese sempat merasakan keganasan skuat Genoa.

Seiring berjalannya waktu pamor Genoa kemudian tergeser. Dari rentang waktu berdirinya selama 126 tahun, Genoa tercatat 33 tahun bermain di kompetisi kasta kedua Serie B dan 3 tahun berada di kasta ketiga Serie C Italia.

Pada Mei 2019 seperti dikutip dari Football Italia, Genoa sempat terlilit masalah keuangan. Sejak 2013 silam, Genoa berada di bawah kendali Enrico Preziosi sebagai presiden klub. Namun, penguasa mainan asal Italia tersebut belakangan memang sudah tidak lagi berminat mengelola klub sepak bola.

Ide untuk menjual Genoa sudah dilakukan sejak beberapa waktu lalu. Namun, baru bisa terealisasi menjelang berakhirnya musim 2018/19. Enrico Preziosi telah memberikan kuasa pada penasehat keuangan untuk proses penjualan klub.

“Genoa Cricket and Football Club SpA mengumumkan bahwa mandat telah diberikan kepada Assietta S.p.A., sebuah perusahaan konsultan keuangan, yang mengkhususkan diri dalam keuangan perusahaan, sebagai penasihat untuk penjualan klub,” tulis situs resmi klub saat itu.

Comments
Loading...