Klub Top di Eropa Makin Kaya Raya

Football5star.com, Indonesia – Federasi sepak bola Eropa, UEFA merilis laporan dari Club Footballing Landscape terkait penghasilan 712 klub top di 55 liga Eropa untuk tahun anggaran 2018. Dalam laporan tersebut, mayoritas klub top Eropa mengalami peningkatan 20 persen keuntungan.

Dikutip Football5star.com dari halaman resmi UEFA, Kamis (16/1/2019) tiga puluh klub Eropa bahkan berpendapatan hampir sama dengan gabungan 682 klub eropa lainnya pada kuartal 2018. Rata-rata penghasilan 712 klub Eropa mencapai angka 21 miliar euro.

marca

“Laporan ini menampikan banyak keberhasilan klub Eropa di dua tahun lalu. Ini menunjukkan bahwa tren pendapatan, investasi, dan protibalitas positif dan semoga itu terus berlanjut,” kata Presiden UEFA Aleksander Ceferin.

Namun laporan tersebut menunjukkan bahwa masih ada jurang pemisah antara klub mapan dan klub semenjana di Eropa. Hal ini tentu saja membuat khawatir UEFA.

Laporan ini juga mengingatkan bahwa berkat dukungan laba yang ditarik televisi, upah naik sampai 9,4 persen atau 1,2 miliar euro, melewati peningkatan pendapatan. Klub-klub La Liga bertanggung jawab atas peningkatan 332 juta euro.

“UEFA akan secara berhati-hati memonitor kecenderungan ini, karena tahun lain pertumbuhan yang kuat pada 2019 bisa menghabiskan laba operasional satu klub,” bunyi laporan tersebut.

Comments are closed.