Kobe Bryant Lihat Kemiripan Antara Lakers Dan Barcelona

Legenda basket NBA, Kobe Bryant, melihat kemiripan filosofi antara timnya, Los Angeles Lakers, dengan klub sepak bola Spanyol, Barcelona. Hal ini disampaikan Bryant saat diwawancarai oleh mantan bomber Barcelona, Thierry Henry, di New York.

Bryant meyakini, kesuksesan yang diraih Barcelona selama ini dikarenakan memiliki gaya bermain yang mengandalkan kolektivitas tim, yakni tiki taka. Meski berbeda olahraga, Bryant menilai gaya tiki taka cukup mirip dengan strategi yang diusung Lakers pada beberapa musim lalu, yakni triangle offense. Berkat filosofi tersebut, Bryant sukses meraih lima gelar juara NBA yang tiga di antaranya diraih dalam tiga musim berturut-turut (1999-00, 2000-01, 2001-02).

Pemakai nomor punggung 24 ini menilai Barcelona punya peluang sangat besar untuk mengulangi kesuksesan musim lalu, yakni menyabet treble-winners.

“Saya pikir mereka bisa memenangkan semuanya lagi (Divisi Primera La Liga, Liga Champions dan Copa del Rey), mereka memiliki gaya yang berbeda dengan klub lain,” kata Bryant dalam sebuah wawancara yang dikutip di situs Barcelona.

“Anda bisa membandingkan mereka dengan kami (LA Lakers) ketika kami meraih juara dengan triangle offense kami, gaya bermain yang membawa kami sukses di bawah asuhan Phil Jackson sebagai pelatih. Setiap pemain terkoneksi dan, ketika mereka berada di suatu posisi, anda sebagai rekan setimnya tahu persis apa yang harus dilakukan,” tambahnya.

Sudah bukan rahasia lagi jika Bryant merupakan fans berat Barcelona. Beberapa kali pria 37 tahun ini menyambangi markas Los Azulgrana saat tengah berlibur.