Koeman Resmi Tangani Timnas Belanda

Football5Star.com, Indonesia – Timnas Belanda resmi menunjuk pelatih baru setelah mundurnya Dick Advocaat yang gagal membawa negaranya lolos ke Piala Dunia 2018. Untuk empat setengah tahun ke depan, De Oranje akan ditangani oleh legendanya, Ronald Koeman.

Meski kinerja terbarunya tidak terlalu meyakinkan karena dipecat Everton pada Oktober lalu, KNVB (federasi sepakbola Belanda) tetap menaruh kepercayaan pada Koeman untuk memimpin Virgil van Dijk dkk.

Tugas berat pun sudah dinanti eks pelatih Ajax Amsterdam ini. Ia dituntut untuk mengembalikan kebesaran Negeri Kincir sebagai salah satu tim kuat di Dunia. Hal pertama yang harus dilakukan adalah membenahi kepercayaan diri pemainnya yang hancur akibat gagal tembus ke Rusia.

Saudara kandung Erwin Koeman itu akan menjalani debutnya 23 Maret mendatang. Lawan yang dihadapinya pun bukan tim sembarangan, mengingat Belanda akan menjamu Inggris di Johan Cruyff Arena.

Belanda adalah tim kesepuluh yang ditangani Koeman sebagai pelatih kepala dalam riwayat manajerialnya. Sebelumnya ia pernah menjadi juru taktik di Vitesse Arnhem, Ajax, Benfica, PSV Eindhoven, Valencia, AZ Alkmaar, Feyenoord, Southampton, dan Everton.

Pria 54 tahun ini merintis karier kepelatihan dengan menjadi asisten De Oranje di bawah asuhan Guus Hiddink pada 1997. Setelah itu, ia juga pernah berguru pada Louis van Gaal yang saat itu menukangi Barcelona setahun kemudian.

Semasa aktif bermain, Koeman mengoleksi 78 cap dan 14 gol bersama Belanda. Dirinya juga turut membantu negaranya menjuarai Euro 1988.