KOLOM: Kemenangan Jerman Atas Belanda adalah Kemenangan Neuer

Football5Star.com, Indonesia – Kemenangan sensasional diraih timnas Jerman atas timnas Belanda, Senin (25/3/2019) dini hari WIB. Bertandang ke Stadion Johan Cruyff ArenA, Die Mannschaft menang 3-2 atas Oranje. Kemenangan timnas Jerman itu pun jadi kemenangan istimewa bagi Manuel Neuer.

Nico Schulz memang aktor utama kemenangan timnas Jerman di kandang timnas Belanda itu. Dia memberikan assist kepada Leroy Sane yang membuka skor pada menit ke-15. Lalu, pada injury time, ketika pertandingan bersisa 15 detik saja, dia mencetak gol penentu kemenangan.

Meskipun demikian, andai tak ada kecekatan tangan Manuel Neuer, kontribusi istimewa bek kiri TSG 1899 Hoffenheim itu akan sia-sia belaka. Sepanjang laga, tiga kali kiper Bayern Munich itu melakukan penyelamatan gemilang. Andai tiga peluang emas itu tak diselamatkan sang kiper, timnas Jerman harus kebobolan lima gol.

Penyelamatan gemilang pertama dilakukan pada menit ke-25. Sebuah tendangan terukur Ryan Babel ke tiang jauh mampu digagalkan tepisan tangan kirinya. Tiga menit kemudian, Manuel Neuer kembali menggagalkan peluang emas Babel. Tendangan jarak dekat pemain Fulham itu mampu ditahannya.

Pada babak kedua, Manuel Neuer lagi-lagi tampil sangat tenang kala menggagalkan peluang emas Giorginio Wijnaldum yang coba menyongsong umpan terobosan ke kotak penalti timnas Jerman. Eks kiper FC Schalke 04 itu buru-buru menyongsong bola mendahului gelandang Liverpool tersebut.

Penampilan ciamik itu menjadi jawaban tersendiri bagi orang-orang yang meragukannya. Sejak pulih dari cedera metatarsal, Manuel Neuer dianggap sudah habis oleh banyak orang. Dia dijadikan biang kerok keterpurukan Die Mannschaft di Piala Dunia 2018.

Jawab Kepercayaan Joachim Loew

Mereka pun lantas menggalang kampanye untuk Marc-Andre ter Stegen yang tampil apik bersama Barcelona. Ketika Joachim Loew memensiunkan Thomas Mueller, Mats Hummels, dan Jerome Boateng, mereka berteriak, “Kenapa Manuel Neuer tidak dipensiunkan juga?”

Banyak pihak menilai sudah saatnya Manuel Neuer digeser Marc-Andre ter Stegen di skuat timnas Jerman.

Soal sang kiper, Joachim Loew memang tak pernah habis kepercayaan. Jelang pertarungan melawan timnas Belanda, dia dengan tegas berkata, “Manuel Neuer dan Toni Kroos akan bermain dari awal.” Banyak orang langsung berteriak, “Kenapa bukan Ter Stegen?”

Di Stadion Johan Cruyff ArenA, Manuel Neuer memberikan jawaban tuntas dengan tiga penyelamatan gemilangnya. Satu hal yang patut dipuji, kiper yang dua hari lagi berulang tahun ke-33 itu tak mempertajam perdebatan. Dia tak memberikan pernyataan yang bisa digoreng insan pers dan orang-orang di media sosial.

“Pada dasarnya, opini publik selalu membuatku tertarik. Namun, aku harus fokus pada pekerjaanku. Hal itu pula yang dilakukan para kiper lain seperti Marc, Kevin (Trapp), dan Bernd (Leno). Mereka semua orang hebat,” kata Manuel Neuer selepas pertandingan seperti dikutip Football5Star.com dari Sport1.

Tentu saja, perdebatan soal Neuer vs Ter Stegen akan terus bergulir. Namun, kemenangan timnas Jerman di kandang timnas Belanda setidaknya membuka mata bahwa Manuel Neuer masih ada dan putusan Joachim Loew memercayainya masih tepat.

Comments
Loading...