KOLOM: Ketajaman Mata Xavi

Football5Star.com, Indonesia – Xavi Hernandez dikenal sebagai gelandang istimewa. Orang-orang menyebutnya sebagai maestro lini tengah, master umpan, dan pakar assist. Itu karena memang dia sangat jeli dalam mengatur ritme permainan dan melepaskan umpan.

Sepanjang membela Barcelona dari 1998 hingga 2015, tak kurang dari 180 assist diberikan Xavi Hernandez. Sekitar 50-an pemain merasakan umpan indah sang maestro dan melesakkannya menjadi gol.

Timnas Qatar membuktikan kebenaran prediksi Xavi Hernandez di Piala Asia 2019.
gulfnews.com

Hal itu berlanjut di Al Sadd. Meskipun datang dengan umur tak lagi muda, 35 tahun, kemampuannya tak luntur. Dalam 100 laga awal saja, mantan pemain timnas Spanyol tersebut mampu membuat 65 assist. Sungguh luar biasa.

Kini, ketajaman mata Xavi Hernandez kembali jadi buah bibir. Namun, bukan soal kejeliannya di lapangan. Hal yang membuat dia dibicarakan adalah ketepatan prediksinya soal Piala Asia 2019.

Pada Desember tahun lalu, Xavi diminta membuat prediksi tim-tim yang lolos ke 16-besar, perempat final, semifinal, final, hingga sang juara. Hasilnya mencengangkan. Dia memprediksi tepat sang juara, finalis, tiga dari empat semifinalis, dan tujuh dari delapan tim yang lolos ke 8-besar.

Awalnya, banyak yang mencibir prediksi pemain berumur 39 tahun tersebut. Bagaimana tidak? Dia menjagokan Qatar mengalahkan Korea Selatan pada perempat final, menekuk Australia di semifinal, dan menang atas Jepang pada laga final. Sungguh ramalan yang hampir tak masuk akal.

Bukan Prediksi Asal Bunyi

Comments
Loading...