Kolombia Menangi Drama Lima Gol, Ekuador Masih Tak Terkalahkan Di Kualifikasi PD 2018

Kolombia berhasil mengakhiri catatan buruk di kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Amerika Selatan setelah mengalahkan Bolivia dalam drama lima gol yang tersaji di Estadio Hernando Silez, Jumat (25/3) dini hari.

Tampil dengan pemain-pemain terbaiknya seperti James Rodriguez, Carlos Bacca, dan Juan Cuadrado, Kolombia bermain menyerang sejak menit awal.

Kolombia berhasil membuka skor pada menit ke-10. Menerima bola lemparan ke dalam, Bacca melepaskan umpan datar ke kotak penalti Bolivia yang mampu dikontrol dengan baik oleh James sebelum melepaskan sepakan kaki kiri keras ke pojok kanan gawang.

Kombinasi Bacca-James sangat padu di laga ini. Jelang akhir babak pertama, Kolombia berhasil menggandakan keunggulan lewat aksi kedua pemain ini.

Akan tetapi, kali ini giliran James yang memberikan assist matang kepada Bacca yang dituntaskannya dengan sepakan kaki kiri.

Selepas jeda, Kolombia sedikit mengendurkan tensi serangan. Hal ini justru membuat Bolivia kian gencar untuk memecah kebuntuan.

Sebuah handsball yang dilakukan Jeison Murillo di kotak terlarang membuat wasit langsung menunjuk titik putih. Juan Arce yang maju sebagai eksekutor sukses memperdaya kiper Kolombia, David Ospina.

Gol tersebut membangkitkan mental bermain Bolivia. Memasuki menit ke-63, skuat asuhan Julio Baldivieso ini berhasil menyamakan kedudukan menjadi 2-2 lewat sebuah serangan balik sporadis yang diakhiri dengan tembakan jarak jauh Alejandro Chumacero.

Jual beli serangan terjadi di sepanjang babak kedua. Akan tetapi, Kolombia lebih cerdik dalam memanfaatkan celah.

Saat laga memasuki masa injury time, serangan balik yang diinisiasi Marlon Moreno diakhiri dengan sepakan mendatar pemain pengganti Edwin Cardona ke pojok kanan bawah gawang.

Berkat kemenangan 3-2 ini, Kolombia mengakhiri catatan tiga laga tanpa kemenangan di kualifikasi. Tambahan tiga poin membuat Kolombia sementara naik ke posisi ke-6 dengan torehan tujuh poin. Akan tetapi, posisi mereka bisa kembali turun apabila Argentina berhasil mengalahkan Uruguay.

Di laga lainnya, Ekuador masih belum terkalahkan sepanjang fase kualifikasi ini. Menjamu Paraguay di Estadio Olimpico Atahualpa, Jumat (25/3) dini hari, Ekuador mengakhiri laga dengan skor 2-2 lewat laga yang dramatis.

Ener Valencia berhasil membuka skor bagi Ekuador pada menit ke-20 sebelum akhirnya dibalas oleh Dario Lezcao tujuh menit jelang turun minum.

Di babak kedua, Lezcao berhasil membawa Paraguay berbalik unggul 2-1 pada menit ke-59.

Akan tetapi, Angel Mena tampil menjadi penyelamat muka Ekuador lewat gol yang dicetaknya pada injury time babak kedua.

Berkat kemenangan ini, Ekuador masih kokoh di puncak klasemen sementara kualifikasi Piala Dunia zona Amerika Selatan dengan torehan 13 poin. Sementara Paraguay bertengger di posisi ketiga dengan 8 angka.