KPK Temukan Bukti Dugaan Korupsi Pembangunan Stadion Mandala Krida

Football5star.com, Indonesia – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengatakan mendapat temuan bukti terkait dugaan kasus koruspi pembangunan Stadion Mandala Krida, Yogyakarta. Temuan bukti itu ditemukan KPK setelah melakukan penggeledahan di dua lokasi berbeda.

Kedua lokasi tersebut adalah Kantor Badan Pemuda dan Olahraga (BPO) DI Yogyakarta dan Kantor Dinas Pendidikan dan Olahraga DI Yogyakarta.

Stadion Mandala Krida
Tribunnews

“Dari penggeledahan di dua tempat berbeda ini ditemukan berbagai barang bukti di antaranya dokumen-dokumen yang terkait dengan perkara,” ujar Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri kepada awak media, Kamis (18/2/2021).

Dokumen yang ditemukan oleh pihak tim penyidik KPK ini menurut Ali akan ditelesuri lebih jauh dalam proses pembuktian di persidangan.

“Dokumen tersebut akan dilakukan validasi dan verifikasi untuk selanjutnya segera dilakukan penyitaan sebagai barang bukti dalam perkara ini,” ucapnya.

Namun pihak KPK belum mau menjelaskan detail terkait dugaan korupsi ini. Pihak KPK juga belum bisa menyampaikan pihak-pihak mana saja yang ditetapkan sebagai tersangka.

Sejak November tahun lalu, pihak KPK memang tengah melakukan penyidikan dugaan kasus korupsi pekerjaan pembangunan Stadion Mandala Krida Yogyakarta yang menggunakan dana dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun Anggaran 2016-2017.

Sementara itu, Kepala BPO DIY Eka Heru Prasetya membenarkan bahwa kantornya telah digeledah oleh pihak KPK. Eka juga membenarkan bahwa ada sejumlah dokumen yang dbawah oleh pihak KPK.

“Hanya dokumen-dokumen terkait dengan Mandala Krida,” ucapnya singkat.

Anggaran Stadion Mandala Krida

Jika dilihat melalui situs Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) DIY, anggaran yang digelontorkan pemerintah DIY melalui Dinas Pendidikan dan Pemuda Olahraga, beserta Balai Pemuda Olahraga (BPO) untuk pembangunan stadion Mandala Krida saat itu nilainya mencapai Rp41.2 miliar, untuk anggaran tahun 2016. Sementara untuk anggaran 2017 mencapai Rp44.5 miliar.

Pada 10 Januari 2019, peresmian beroperasinya Stadion Mandala Krida Yogya dilakukan oleh ubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X.

Pembangunan yang dilakukan sejak tahun 2012 hingga 2018 ini, menggunakan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD). Sejak penyusunan Detail Enginering Design (DED) pada 2012 dan selanjutnya tahap pelaksanaan hingga 2018, telah menyedot dana sebesar Rp 174,4 miliar.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More