Krisis Finansial Tak Pengaruhi Mental Para Pemain Barcelona

Football5star.com Indonesia – Barcelona dikabarkan tengah mengalami krisis finansial. Kondisi itu membuat pelatih Ronald Koeman turut bersuara. Dia yakin, seluruh skuat tak terpengaruh dengan situasi tersebut dan tak masalah dengan pemangkasan gaji.

Belakangan, kabar mengenai kondisi keuangan Barcelona memang mulai merebak. Klub raksasa asal Catalunya itu dikabarkan dalam situasi finansial yang tak baik. Bahkan, ada pula yang mengatakan Barcelona terancam bangkrut.

Empat dari sembilan kandidat Presiden Barcelona gugur karena gagal mengumpulkan 2.257 tanda tangan socio.
fcbarcelona.com

Beberapa faktor melatari kondisi yang dialami Barcelona. Dua di antaranya adalah pemasukan yang berkurang drastis selama pandemi COVID-19 serta utang yang kian membengkak. Ditambah, biaya gaji serta operasional tim yang tinggi tetap harus ditunaikan.

Meski kondisinya memprihatinkan, tak lantas mengganggu semangat juang para pemain Barcelona. Diungkapkan oleh Ronald Koeman, seluruh pemain tak terusik dan tidak masalah dengan kebijakan pemangkasan gaji.

“Saya tak melihat situasi ini (krisis finansial) memengaruhi para peman. Semuanya membantu klub dengan pemangkasan gaji,” ujar Ronald Koeman, dikutip Football5star.com dari Marca.

Kegamangan Ronald Koeman Setengah Tahun Latih Messi dkk
fcbarcelona.com

El Mundo Deportivo melapokan, utang yang dimiliki Barcelona mencapai 1,1 miliar euro. Dari jumlah tersebut, 730 juta euro akan jatuh tempo dalam waktu dekat. Adapun 266 juta euro terutang kepada bank-bank pada 30 Juni, sedangkan 90 juta euro terutang kepada Goldman Sachs.

Menurut analisis yang dirilis Swiss Ramble, turunnya pendapatan klub tak lepas dari masalah finansial akibat pandemi COVID-19. Pada saat bersamaan, tingkat utang dan kewajiban yang terus meningkat. Laporan La Vanguardia mengklaim bahwa El Barca tahun ini wajib membayar utang sebesar 420 juta euro. Jika tidak, mereka akan dinyatakan bangkrut.

“Seluruh tim bermasalah dengan ekonomi akibat pandemi COVID-19. Barcelona juga mengalaminya akibat minimnya pemasukan dari pengunjung. Hampir semua klub merasakan angka finansial buruk, tak cuma di sini,” sebut Ronald Koeman lagi.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More