Kronologi Kecelakaan Pesawat yang Menewaskan Emiliano Sala

Football5star.com, Indonesia – Penyerang Cardiff City, Emiliano Sala telah dinyatakan meninggal pada Kamis (7/2) lalu. Ia menjadi korban dari kecelakaan pesawat yang dikemudikan oleh pilot asal Iggris, David Ibbotson.

Emiliano Sala sebenarnya sudah dinyatakan hilang pada 21 Januari lalu di Selat Inggris. Namun, jasadnya baru ditemukan oleh Badan Investigasi Kecelakaan Udara Inggris (AAIB) pada 7 Februari lalu. Berikut adalah kronologi mulai dari kecelakaan hingga ditemukannya jasad dari Emiliano Sala

19 JANUARI 2019

Emiliano Sala meresmikan kepindahannya dari FC Nantes ke Cardiff City. Ia didatangkan dengan mahar sebesar 15 juta Poundsterling. Angka tersebut membuat penyerang asal Argentina itu menjadi pemain termahal dalam sejarah The Bluebirds.

Setelah meresmikan kepindahannya, Sala memutuskan untuk kembali ke Nantes untuk mengambil beberapa barang pribadi serta berpamitan dengan rekan-rekan setimnya. Ia menolak tawaran dari pelatih Cardiff, Neil Warnock untuk menonton pertandingan melawan Newcastle United di Cardiff City Stadium.

21 JANUARI 2019

Setelah berpamitan dengan rekan-rekan setimnya, Sala langsung pergi ke bandara setempat untuk bertolak ke Cardiff. Ia berangkat menggunakan pesawat pribadi dengan jenis Piper Malibu yang dikemudikan oleh David Ibbotson.

Setelah mengudara selama 75 menit, pesawat Piper Malibu yang ditumpangi Ibbotson dan Sala hilang kontak dengan Air Traffic Control setempat. Keduanya diketahui sedang berada di wilayah Selat Inggris ketika hilang kontak.

22 JANUARI 2019

Pihak kepolisian Guernsey mulai melakukan pencarian pesawat Sala dan Ibbotson. Pencarian dilakukan setelah keduanya dinyatakan hilang.

Emiliano Sala - Kronologi - Cardiff City - CNN
CNN
23 JANUARI 2019

Setelah melakukan pencarian selama satu hari, pihak kepolisian Guernsey menyatakan bahwa Ibbotson dan Sala memiliki kesempatan yang sangat kecil untuk selamat. 

Selain itu, salah satu kerabat dekat dari Emiliano Sala juga menyebarluaskan rekaman suara Sala sesaat sebelum pesawat hilang kontak. Di dalam rekaman suara itu, Emiliano Sala sudah mengetahui bahwa pesawat yang ditumpanginya sedang mengalami masalah. Ketika itu, ia mengaku sangat takut.

24 JANUARI 2019

Setelah melakukan pencarian selama tiga hari, pihak kepolisian Guernsey mulai menyerah. Mereka mengaku sudah tidak akan lagi melanjutkan pencarian. Keputusan itu membuat para suporter sepak bola menggelar aksi solidaritas. Lewat situs GoFundMe, para pesepak bola dan suporter melakukan donasi agar pencarian Emiliano Sala bisa terus dilanjutkan.

Selain itu, bintang Barcelona asal Argentina, Lionel Messi serta Presiden Argentina, Mauricio Macri meminta pemerintah Inggris untuk terus melakukan pencarian. PAda akhirnya, pencarian bisa dilanjutkan setelah uang hasil donasi sebesar 280.000 Poundsterling berhasil dikumpulkan.

26 JANUARI 2019

Pencarian pribadi dimulai

3 Februari 2019

Badan Investigasi Kecelakaan Udara Inggris (AAIB) telah berhasil menemukan bangkai pesawat Piper Malibu yang ditumpangi oleh Emiliano Sala. Bangkai pesawat itu ditemukan di sebuah lokasi yang berjarak 33 KM dari lepas pantai Guernsey dengan kedalaman sekitar 61 meter di bawah permukaan laut.

4 FEBRUARI 2019

Sebuah jasad ditemukan di dalam bangkai pesawat Piper Malibu yang ada di bawah laut. Jasad tersebut berhasil ditemukan dengan bantuan Remotely Operated Vehicle (ROV).

7 FEBRUARI 2019

Dengan menggunakan bantuan Remotely Operated Vehicle (ROV), jasad berhasil diangkat ke permukaan. Selanjutnya, jasad itu dibawa ke pantai untuk dilakukan identifikasi. Tak lama setelahnya, pihak kepolisian Dorset memastikan bahwa jasad yang berhasil diangkat merupakan Emiliano Sala.

Comments
Loading...