Kronologi Insiden Bus Persija Diserang Hingga Jatuh Korban Luka

Football5star.com, Indonesia – Skuat Persija Jakarta mengalami perlakuan kurang menyenangkan dalam lawatan ke Makassar. Kronologi Persija diserang diawali saat bus yang mengangkut skuat tengah menuju Stadion Andi Mattalatta guna menjalani sesi latihan resmi, Sabtu (27/7/2019).

Sesi latihan itu merupakan rangkaian agenda pertandingan leg kedua final Piala Indonesia 2018-2019 di kandang PSM Makassar. Duel Persija Jakarta vs PSM Makassar rencananya digelar di Stadion Andi Mattalatta pada Minggu (28/7/2019) malam WIB.

Sehari jelang pertandingan puncak tersebut, sebuah insiden yang tak terduga melahirkan teror bagi skuat Persija. Dalam perjalanan dari tempat menginap menuju Stadion Andi Mattalatta pada sore hari, bus skuat Persija diadang sekelompok orang tak dikenal yang diduga merupakan oknum suporter PSM.

Kronologi Persija diserang, mereka memukul badan bus dan melempar benda keras ke arah kaca. Meski ada beberapa anggota TNI dan Polri yang mengamankan lokasi, tetap saja aksi penyerangan tak bisa dilerai.

Akibat aksi penyerangan tersebut, kaca bus pecah di beberapa bagian akibat lemparan beda keras. Video insiden pelemparan itu pun sempat diunggah gelandang Persija Jakarta, Ramdani Lestaluhu, di Instagram Story. “Astagfirullah,” tulis Ramdani di videonya.

Selain Ramdani Lestaluhu, beberapa pemain Persija lainnya juga sempat merekam aksi tersebut. Salahs atunya Sandi Sute. “Ei dilempar batu, besarnya batu. Ei tunduk-tunduk,” ujar salah seorang dalam video yang diunggah Sandi Sute di Instagram Story-nya.

Kronologi Bus Persija Diserang dan Dilempari

Kronologi Skuat Persija Diserang Oknum Suporter di Markas PSM 2 - Instagram @docbro

Insiden itu juga menyebabkan beberapa orang yang berada dalam bus terluka. “Ada yang luka enggak,” kata seorang personel TNI yang mengawal rombongan bus Persija. “Itu depan,” timpal pria lain.

Sementara, di Instagram story anggota tim medis Persija, Donny Kurniawan, memperlihatkan kondisi kaca bus Persija Jakarta yang pecah. Bukan hanya kaca bus, Masseur Persija Jakarta, Aditya Julistiawan atau yang kerap disapa Bento terkena timpukan batu sampai mendapatan perawatan di bagian mata sebelah kanannya.

Dalam instagram story-nya Donny Kurniawan juga sempat menceritakan bahwa hotel tempat tim Persija Jakarta sempat diteror. “Baru tau semalam ternyata diteror #tidurnyenyak,” tulis Donny.

Ketika rombongan sampai di Stadion Andi Mattalatta, ada pelemparan botol yang juga dilakukan oleh oknum pendukung PSM Makassar. Dilansir BolaSport.com, botol tersebut terlihat mengenai kepala dari videografer Persija Jakarta, Yudhistira.

Aksi teror pun diakui Manajer Persija Jakarta Ardhi Tjahjoko sudah terjadi sejak sebelumnya. Bahkan, Ardhi mengaku ancaman yang diberikan sudah sangat mengerikan.

“Saya pikir ini bukan psy war lagi karena sudah mengancam nyawa. Dibilang kita kalau main, kalo menang, persija menang, tidak pulang. Terus, ada salah satu dicat, juga dibilang harus ada korban satu nyawa. Ini kan sudah tidak benar,” ujar Ardhi Tjahjoko, dikutip Footbal5star.com dari video yang diunggah ANTV.

Sejauh ini, belum diketahui siapa saja oknum suporter yang melakukan aksi kekerasan tersebut. Perihal status pertandingan leg kedua final Piala Indonesia 2018-2019, pihak operator pun belum membuat keputusan, apakah dilanjutkan atau ditunda.

Comments
Loading...