Krstajic Dipastikan Pimpin Serbia di Piala Dunia 2018

Football5Star.com, Indonesia – Mladen Krstajic dipastikan memimpin skuat Serbia di Piala Dunia 2018. Hal itu diungkapkan Asosiasi Sepak Bola Serbia (FSS), Jumat (29/12/2017). Pria berumur 43 tahun itu dinyatakan akan diubah statusnya dari sekadar pelatih sementara menjadi pelatih permanen.

“Dewan ahli FSS telah sepakat memilih Krstajic untuk tetap bertugas hingga Piala Dunia 2018 berakhir,” ungkap Presiden FSS Goran Bunjevcevic kepada Kantor Berita Beta. “Kami akan mengungkapkan detail kontrak pada paruh kedua Januari mendatang.”

Mladen Krstajic bersama para pemain Serbia saat melawan Korea Selatan.
zimbio.com

Kepercayaan FSS itu dipastikan menjadi beban tersendiri bagi Krstajic. Pasalnya, dia muncul dalam situasi yang kontroversial. Oktober lalu, FSS memberhentikan Slavoljub Muslin yang meloloskan Serbia ke putaran final Piala dunia 2018.

Meskipun berhasil membawa Serbia lolos ke putaran final kejuaraan besar untuk kali pertama dalam delapan tahun terakhir, Muslin dipecat karena dua sebab. Pertama, penampilan Nemanja Matic dkk. dianggap meragukan. Kedua, Muslin terlibat konflik dengan para petinggi FSS. Gara-garanya, dia tak mau menyuntikkan para pemain muda ke skuatnya.

Tak seperti pendahulunya, Krstajic lebih akomodatif terhadap para pemain muda. Dalam dua uji tanding melawan Tiongkok dan Korea Selatan pada November lalu, dia memanggil sejumlah pemain muda. Salah satunya pemain yang tengah melejit di Lazio, Sergej Milinkovic-Savic.

Soal pengalaman melatih, mantan bek SV Werder Bremen dan FC Schalke 04 itu sebenarnya sangat hijau. Kiprahnya baru dimulai pada 2015 ketika diangkat sebagai asisten Muslin. Sebelumnya, dia hanya pernah menjadi Direktur Olahraga Partizan Belgrade pada 2011. Itu pun hanya enam bulan, dari Juni hingga Desember.

Di putaran final Piala Dunia 2018, tim asuhan Krstajic tergabung di Grup E. Mereka akan berjibaku dengan Swiss, Kosta Rika, dan tim yang paling sering juara, Brasil.

Comments
Loading...