Kualifikasi Piala Dunia 2018: Rooney Dicadangkan Lawan Slovenia, Henderson Jadi Kapten

Pelatih interim Timnas Inggris, Gareth Southgate, memastikan Wayne Rooney akan jadi cadangan lawan Slovenia. Jabatan kapten tim sementara diemban oleh Jordan Henderson.

Rooney sendiri tampil buruk saat Inggris mengalahkan Malta 2-0 di Kualifikasi Piala Dunia 2018 yang dihelat di Wembley akhir pekan lalu. Dimainkan sebagai gelandang, Rooney mendapat cemoohan dari fans sendiri.

Desakan agar Rooney dicadangkan memang sudah menguat sejak awal karena pemain 31 tahun itu dianggap sudah habis dan sudah saatnya Inggris memberikan tempat untuk pemain muda yang lebih segar.

Pada akhirnya, Southgate memenuhi permintaan publik dengan memastikan Rooney tidak akan jadi starter saat Inggris menghadapi tuan rumah Slovenia di Ljubjlana, Rabu (12/10/2016) dinihari WIB besok.

Sebagai pengganti Rooney, Southgate akan memainkan Eric Dier di lini tengah.

“Kami tidak perlu berpikir panjang. Kami melihat cara Slovenia bermain dan saya sudah punya bayangan soal siapa saja pemain tengah yang akan dimainkan,” ujar Southgate seperti dikutip Soccernet.

“Ini bukan karena performanya di hari Sabtu lalu. Faktanya kami puas dengan penampilannya,” sambung Southgate.

Untuk posisi kapten, Henderson akan menjadi deputi untuk Rooney. Ini bakal jadi penampilan pertama untuk Henderson di Inggris sebagai kapten. Jabatan yang sehari-hari diembannya di Liverpool.

Meski demikian, Southgate menegaskan bahwa Rooney tetap jadi kapten utama Inggris selama dia menjadi pelatih interim.

“Dia masih jadi kapten selama saya memegang tim ini.”

“Apa yang saya lihat selama sepekan ini makin membuat saya terkesan dengan caranya memimpin tim ini,” tutupnya.

Comments
Loading...