Kualifikasi Piala Dunia 2018: Sejarah ‘Si Gaek’ Aritz Aduriz

Football5star, Indonesia – Performa Aritz Aduriz makin ciamik saja di usia 35 tahun. Rekor baru saja diciptakan Aduriz bersama timnas Spanyol.

Aduriz tetap tampil tajam bersama klubnya Athletic Bilbao. Di periode keduanya berseragam Bilbao, Aduriz dari musim ke musim makin meningkat produktivitasnya.

Musim lalu saja Aduriz bikin 36 gol yang membuatnya masuk skuat timnas Spanyol di Piala Eropa 2016. Hanya sajar Aduriz tak punya banyak kesempatan unjuk gigi di turnamen itu.

Meski era kepelatihan di Spanyol sudah berganti, rupanya Aduriz masih menarik minat Julen Lopetegui yang tak kuasa untuk memanggilnya ke skuat di laga internasional bulan ini. Pasalnya pekan lalu, Aduriz baru saja bikin lima gol ke gawang Genk di Liga Europa.

Total Aduriz sudah bikin 10 gol dari 13 penampilan di seluruh kompetisi. Wajar saja jika Lopetegui kepincut dan Aduriz membuktikan diri masih layak mengenakan kostum La Furia Roja.

Saat menghadapi Makedonia di Kualifikasi Piala Dunia 2018, Minggu (13/11/2016) dinihari WIB tadi, Aduriz yang tampil sebagai pemain pengganti mencetak gol keempat timnya. Gol itu membuat Aduriz jadi pemain Spanyol tertua yang bikin gol di laga kompetitif dalam usia 35 tahun 275 hari.

Catatan apik lain menurut Opta adalah Aduriz bikin delapan gol dari sembilan attempts on target pada tujuh laga terakhirnya bareng klub dan timnas.

“Saya sangat bangga dengan usia saya saat ini, saya menikmati permainan saya dan puas dengan segalanya sejauh ini,” tutur Aduriz seperti dikutip Football Espana.

“Saya selalu ingin melakukan yang terbaik untuk membantu tim, setidaknya mencoba lebih dulu. Saya selalu ingin mencoba terkadang lebih baik atau bahkan lebih buruk, tapi setidaknya saya selalu berusaha,” sambung Aduriz.

Comments
Loading...