FEATURE: Kubo vs Egy, Duel Dua Messi dari Asia

Banner Footbal Live Star-Football5star

Football5star.com, Indonesia – Timnas U-19 Indonesia akan menjamu Timnas U-19 Jepang di babak perempat final Piala AFC U-19 2018. Laga ini menjadi menarik selain karena ini duel antara JKT48 dan AKB48, juga karena ada dua sosok fenomenal di sana. Garuda Nusantara memiliki Egy Maulana Vikri dan Samurai Biru memiliki Takefusa Kubo. Duel dua Lionel Messi dari Asia.

Timnas U-19 Indonesia lolos dramatis ke babak perempat final Piala AFC U-19 2018 setelah di laga pamungkas Grup A mengalahkan Uni Emirat Arab dengan skor tipis, 1-0. Kemenangan tipis itu membuat UEA U-19 gagal lolos, kalah agresifitas gol.

Sorot mata publik mengarah ke dua wonderkid milik kedua kesebelasan. Keduanya memiliki pemain muda berkualitas dengan jalan yang hampir sama: keduanya pernah berada di Eropa.

Egy Maulana Vikri, Messi dari Medan

Karier sepak bola Egy Maulana dimulai saat bermain untuk SSB Tasbi di Medan. Saat itu, ia bermain di SSB Tasbi pada kejuaraan Grassroots Indonesia U-12 tahun 2012 di mana ia menjadi pencetak gol terbanyak dan membawa timnya menjadi juara. Nama Egy melejit ketika menjadi juara Gothia Cup di tahun 2016 saat membela ASIOP Apacinti.

Bakat Egy ditemukan oleh Subagja Suhian yang kemudian menjadikan Egy sebagai anak angkat. Dari Subagja inilah ia dikenalkan ke Coach Indra.

Egy menjadi salah satu pemain Timnas U-19 Indonesia saat bermain di Toulon Tournament pada Juni 2017. Debut bersama Timnas U-19 terjadi saat Timnas U-19 melawan Brasil U-20. Di Toulon Tournament, ia mendapatkan penghargaan Breakthrough Player of the Year 2017.

Pada Maret 2018 yang lalu, Lechia Gdansk mengumumkan kepindahan wonderkid Indonesia tersebut ke Liga Polandia. Sebelumnya, ada banyak klub yang dirumorkan tengah mengincar jasa Egy Maulana dan pemain dari Medan ini memilih untuk hijrah ke Lechia ketimbang bergabung dengan klub lain.

Meskipun begitu, Egy belum sekalipun bermain bersama Lechia Gdanks dan lebih banyak bermain di Lechia Gdansk II. Meskipun ia sempat masuk dalam skuat utama dan duduk di bangku cadangan saat Lechia menjamu Korona Kielce pada 1 September 2018.

Di Piala AFC U-19 2018, pemain bernomor punggung 10 ini telah bermain sebanyak tiga kali. Di dua laga awal, mantan pemain Diklat Ragunan ini bermain penuh, sedangkan di laga terakhir ia ditarik keluar di babak kadua karena cedera.

Takefusa Kubo, Messi dari Kawasaki
AFC

Jika Egy bermain di Lechia, maka Kubo saat ini bermain di Yokohama Marinos. Sekilas biasa saja karena Yokohama adalah klub Jepang, namun ada kisah menarik soal Kubo sebelum pulang ke Jepang. Kubo adalah alumni La Masia.

Sebelum dikontrak oleh Barcelona dan masuk dalam La Masia, Kubo sempat bermain di klub lokal Kawasaki, FC Persimmon. Di tahun 2009, ia mengikuti Barcelona Soccer Camp dan terpilih sebagai MVP saat masih berusia 8 tahun. Penampilan apiknya di Barcelona Soccer Camp, Kubo dikontrak untuk pindah ke La Masia pada 2011.

Selama bermain di La Masia, Kubo bermain di banyak turnamen. Di musim 2012-2013, ia bermain sebanyak 30 kali dan mencetak 74 gol. Empat tahun di La Masia, ia “dipulangkan” ke Jepang. Ia pulang ke Jepang karena Barcelona terganjal regulasi FIFA. FIFA melarang adanya transfer pemain di bawah usia 18 tahun. Meskipun sempat “mengakali” regulasi dengan memboyong keluarganya ke Spanyol, namun FIFA tetap kekeh pada pendiriannya.

Demi menjaga kebugaran, Kubo pulang ke Jepang dan bergabung dengan FC Tokyo. Di 2017, Kubo bermain di Piala Dunia U-20 2017 yang saat itu masih berusia 15 tahun. Bermain di Piala Dunia U-20 saat masih berumur 15 tahun, fakta tersebut telah menjelaskan kualitas pemain yang kini berusia 17 tahun.

Di tahun 2018, Kubo bermain di J1 League bersama FC Tokyo pada 24 Februari 2018 saat melawan Urawa Reds. Ia mencetak gol perdana di J1 League pada 26 Agustus 2018 saat ia bermain untuk FC Yokohama Marinos saat melawan Vissel Kobe. Sebelum bermain di Piala AFC U-19 2018, ia pernah bermain di Indonesia saat melakoni uji coba melawan Bhayangkara FC pada 27 Januari 2018. Kubo mencetak dua gol saat FC Tokyo melawan Bhayangkara FC.

Saat ini, Kubo tengah berjuang di Timnas U-19 Jepang di Piala AFC U-19 2018. Sampai babak grup, Kubo telah mencetak satu gol dan satu assist. Laga perempat final minggu besok, duo Messi ini akan saling pamer kekuatan. Siapa yang akan bersinar? Semoga Egy!

Comments
Loading...