Kukuh Lanjutkan Liga 1 2020, PSSI Ingin Contoh Premier League

Football5Star.com, Indonesia – PSSI mengaku berkukuh melanjutkan Liga 1 2020 karena ingin berkaca dari kompetisi lain, seperti Premier League. Tak ditampik memang liga-liga di berbagai belahan dunia, termasuk Eropa dan Asia Tenggara tetap jalan di tengah pandemi COVID-19.

Sebenarnya, menggulirkan kompetisi di tengah situasi COVID-19 yang kian bertambah kasusnya di Indonesia memang riskan. Apalagi baru-baru ini pemain Persik Kediri, Andri Ibo dinyatakan positif terinfeksi virus tersebut.

Akan tetapi, berbagai cara dilakukan oleh PSSI untuk lanjutkan Liga 1 2020. Pada Kamis (17/9/2020) ini, PSSI dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melakukan penandatanganan Nota Kesepahaman.

“Negara-negara lain sudah melanjutkan kompetisi. Seperti Liga Inggris, Jerman, Spanyol dll. Indonesia yang akan menjadi tuan rumah Piala Dunia 2021 tentu harus melanjutkan kompetisi,” kata Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan.

“Hampir semua negara ASEAN juga sudah menjalankan liga. Malaysia, Thailand, Laos, Myanmar, dan Vietnam sudah menjalankan liga dan Filipina rencananya juga akan segera memutar kompetisi mereka. Ini alasan kami untuk tetap melanjutkan Liga 1 dan Liga 2 2020,” sambung Iriawan.

Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Doni Monardo, dalam kesempatan yang sama punya beberapa syarat buat PSSI. Dia ingin PSSI memastikan para peserta yang akan ikut di Liga 1 dan Liga 2 tidak memiliki riwayat penyakit bawaan karena akan sangat riskan jika tertular virus Covid-19.

“Perlu dipastikan kompetisi sepak bola dilakukan tanpa penonton. Mohon ini jadi perhatian penyelenggaran untuk menaati konsensus yang disepakati,” kata Doni memungkasi.

Liga 1 2020Liga 2 2020mochamad iriawanPSSI