Kunjungan Bersejarah Putri Jepang ke Rusia

Football5star.com, Indonesia – Pertandingan antara Jepang melawan Kolombia pada Selasa (19/6) malam tidak hanya berujung tiga poin bagi Shinji Kagawa dkk. Momen tersebut menjadi sejarah tersendiri bagi hubungan internasional antara Jepang dan Rusia.

Untuk pertama kalinya dalam 102 tahun, petinggi Jepang berkunjung ke Rusia. Pada hari itu, Putri Takamado, yang merupakan keponakan Kaisar Jepang sekarang, menonton langsung di Mordovia Arena, Saransk.

football5star
zimbio.com

Kunjungan tersebut juga menandai rekor sempurna Putri Takamado yang tak pernah absen menonton langsung sejak Piala Dunia 1998 di Prancis. Kini, Jepang memimpin klasemen Grup H dengan koleksi tiga poin, bersanding bersama Senegal dengan poin sama.

Hubungan kedua negara jadi memanas sejak pencaplokan empat pulau Jepang oleh Uni Soviet pada 1916. Hingga kini, kedua negara pun belum menandatangani perjanjian damai atau pun gencatan senjata terkait sengketa tersebut.

Jepang tidak pernah absen ikut serta di Piala Dunia sejak melakukan debutnya pada 1998 di Prancis. Berturut-turut, Negeri Matahari Terbit selalu hadir pada edisi 2002 (kandan sendiri), 2006 (Jerman), 2010 (Afrika Selatan), hingga 2014 (Brasil).

Meski demikian, pencapaian terbaik mereka sejauh ini hanyalah sampai babak 16 besar. Torehan tersebut diraih pada edisi 2002 dan 2010. Sementara pada 2006 dan 2014, langkah mereka harus terhenti lebih awal di fase grup.

Comments
Loading...