La Nyalla Kirim Peringatan Keras kepada PSSI

Football5Star.com, Indonesia – La Nyalla Mattalitti baru-baru ini kirim peringatan keras kepada PSSI soal kabar rencana naturalisasi pemain asal Brasil. Pria yang kin menjabat sebagai Ketua DPD RI itu mengingatkan bahwa naturalisasi yang datang dari insisiatif PSSI, harus ada relevansinya.

Belakangan memang tiba-tiba ada lima pemain belia asal Brasil datang ke Indonesia. Mereka ialah Maike Henrique, Thiago Apolina Pereira, Pedro Henrique Bartoli Jardim, Hugo Guilherme Correa Grillo, dan Roberth Junior Rodrigues Santos.

Maike Henrique dan Thiago Apolina berlatih bersama Persija Jakarta. Pedro Henrique dan Hugo Guilherme resmi diperkenalkan oleh Arema FC. Lalu yang terakhir Madura United turut mengumumkan kedatangan Roberth Junior. Kelima pemain Brasil itu disebut akan masuk program naturalisasi.

“Nasionalisme itu sekarang sudah bergaul dengan humanisme. Jadi sebenarnya naturalisasi itu bukan lagi soal halal atau haram di dunia olahraga. Sehingga seharusnya tidak menjadi kontroversi,” kata La Nyalla dalam rilisnya.

“Hanya, memang harus ada relevansinya. Artinya naturalisasi yang datang dari inisiatif federasi, hanya relevan jika pemain tersebut ada hubungan sejarah atau darah keturunan,” sambung mantan ketua PSSI itu.

Lain halnya, jika inisiatif itu datang dari individu atlet itu sendiri. Tidak perlu dipersoalkan relevansinya. Jadi, tambah La Nyalla, PSSI harus mendengar pendapat publik.

“Sebab, yang saya dengar, lima pemain muda asal Brasil yang sekarang dititipkan untuk main di sejumlah klub di Indonesia, itu inisiatif PSSI. Maka, wajib mempertimbangkan faktor relevansi tadi,” pungkas La Nyalla.

La Nyalla mattalittiNaturalisasiPSSI