Lagi, Pemain Premier League Dihukum Karena Diving

Football5Star.com, Indonesia – Komisi Disiplin FA sangat bersungguh-sungguh dalam memerangi diving. Selasa (19/12/2017), Manuel Lanzini dari West Ham United menjadi pemain kedua yang dijatuhi larangan bertandingan dalam dua laga karena terbukti menjatuhkan diri saat West Ham memang 3-0 atas Stoke City.

Lanzini didakwa melakukan diving saat melakukan akselerasi ke dalam kotak penalti The Potters pada menit ke-18. Dia menjatuhkan diri saat Erik Pieters coba menghalau dengan tackle. Aksi striker berumur 24 tahun itu pun sukses mengelabui wasit Graham Scott yang lantas memberikan penalti. Mark Noble berhasil menyelesaikan hadiah penalti itu dengan baik dan membawa The Hammers unggul 1-0.

Usai pertandingan, Mark Hughes, manajer Stoke, langsung menuding pemain Argentina itu melakukan diving. “Saya sudah melihatnya lagi dan dia memang diving. Dia memanfaatkan terjangan. Dia pemain yang cerdik. Itu sangat jelas diving, tapi wasit sepertinya melihat sesuatu yang tak dilihat oleh orang lain,” ketus dia.

Aksi diving Manuel Lanzini saat disergap Erik Pieters.
skysports.com

Sementara itu, Diavid Moyes, manajer West Ham, tetap membela anak buahnya. Selepas pertandingan, dia menegaskan bahwa Lanzini tak mungkin sengaja menjatuhkan diri. Menurut dia, sangat mungkin terjatuh karena kelelahan setelah berlari sekitar 70 meter dalam insiden itu.

Usai pembacaan dakwaan, manajer asal Skotlandia itu lagi-lagi membeberkan pembelaannya. “Wasit berada 10 yard (9 meter) dari bola dan tak ada yang menghalangi pandangannya. Sangat jelas terlihat bahwa bek (Erik Pieters) coba merebut bola, tapi gagal mendapatkannya,” ungkap dia.

Berdasarkan sanksi yang dijatuhkan Komisi Disiplin FA, Lanzini tak turun saat West Ham menghadapi Arsenal di Carabao Cup, tengah pekan ini yang berakhir kekalahan 0-1. Dia pun tak bisa membela The Hammers dalam lanjutan laga Premier League pada akhir pekan nanti melawan Newcastle United.

Lanzini menjadi pemain kedua yang dijatuhi hukuman oleh Komisi Disiplin FA karena diving. Sebelumnya, pada medio November silam, Oumar Niasse diganjar hukuman serupa karena diving saat Everton berhadapan dengan Crystal Palace.

Comments
Loading...