Larangan ke Stadion Seumur Hidup untuk Fan Cagliari yang Rasial

Football5star.com, Indonesia – Cagliari akhirnya bertindak tegas atas ulah fan mereka yang rasial. Tidak tanggung-tanggung, pihak klub melarang tiga penggemarnya menyaksikan pertandingan ke stadion seumur hidup.

Dalam dua musim terakhir penggemar Cagliari mencoreng sepak bola Italia dengan tindakan rasial mereka pada pemain lain. Blaise Matuidi, Moise Kean, dan Romelu Lukaku adalah korban dari tindakan tak terpuji tersebut.

Walau kejadian sudah berlangsung beberapa bulan lalu, pihak klub ternyata tidak tinggal diam. Mereka tetap bekerja mencari oknum suporternya hingga akhirnya menetapkan tiga orang.

Milan Skriniar - Inter Milan - Football5star - Lukaku
squawka

“Cagliari telah mengumumkan bahwa tiga tindakan diskualifikasi telah dikeluarkan dan ditujukan untuk banyak orang yang telah diakui dan dilaporkan telah menyampaikan kata-kata diskriminatif dan rasial kepada pemain lawan selama laga kandang beberapa bulan terakhir,” demikian pernyataan resmi klub, Jumat (14/2/2020).

“Kami mengidentifikasi tiga orang, pemegang tiket terusan di sudut Distinti dan Tirbuna. Orang-orang yang bersalah atas tindakan menyedihkan ini dilarang memasuki Sardegna Arena selama seumur hidup,” lanjut pernyataan tersebut.

Keputusan ini bisa dikatakan sebagai gebrakan baru dari pihak klub. Pasalnya selama ini mereka kerap acuh atas tindakan suporternya yang kerap melakukan tindakan rasial pada pemain lawan.

Sikap itu pula yang membuat rasialisme tetap terjadi di sepak bola Italia. Tak ayal, langkah Cagliari ini bisa jadi pertanda baik untuk sepak bola Italia memberantas rasialisme.