Latihan Timnas Indonesia Berpotensi Unik Jika Dilatih Shin Tae-yong

Football5Star.com, Indonesia – Pelatih asal Korea Selatan, Shin Tae-yong menjadi salah satu kandidat kuat untuk melatih Timnas Indonesia. Hal tersebut mencuat setelah pelatih saat ini, Simon McMenemy akan didepak oleh PSSI.

PSSI sendiri telah memastikan akan memecat Simon McMenemy dalam waktu dekat. Laga kontra Malaysia pada kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia di Kuala Lumpur pada 19 November mendatang pun menjadi laga terakhir Simon melatih timnas.

Selain Shin Tae-yong, nama lainnya yang menjadi kandidat kuat adalah pelatih asal Spanyol yang juga pernah membesut Timnas Indonesia, Luis Milla. Shin dan Milla sama-sama diproyeksikan menjadi kandidat kuat pengganti Simon McMenemy.

Shin Tae-yong sendiri merupakan pelatih yang membesut Korea Selatan pada ajang Piala Dunia 2018 di Rusia lalu. Meski gagal membawa Korea Selatan lolos dari fase grup, namun kemenangan 2-0 atas Jerman menjadi kejutan besar Shin Tae-yong bersama skuat Negeri Gingseng tersebut.

Kebiasaan Unik dengan Mengganti Nomor Punggung Pemain

Menariknya, ada hal unik yang dilakukan Shin pada saat melatih Korea Selatan di ajang Piala Dunia 2018 lalu. Dirinya melakukan hal unik ketika sesi latihan tim berjuluk Macan Asia tersebut dengan cara menukar nomor punggung dari para pemainnya.

Hal tersebut sengaja dilakukan Shin Tae-yong agar mengelabui jikalau ada mata-mata yang melihat taktikal ketika mereka berlatih. Menurutnya, orang-orang Eropa atau orang dari daerah lainnya akan kesulitan untuk membedakan para pemain yang berasal dari Asia. Hal itu diungkapkan saat sesi konferensi pers sebelum melawan Swedia di fase Grup F, 18 Juni 2018 lalu.

Keunikan tersebut pun berpotensi akan juga dilakukan dirinya jikalau membesut Timnas Indonesia nanti yang juga bertujuan untuk menghindari mata-mata. Utamanya saat Indonesia berlaga di Piala Dunia U-20 2021 nanti.

“Kami menukar nomor punggung pemain karena kami tidak ingin menunjukkan apapun kepada lawan,” tutur Tae-yong, dikutip Football5Star.com dari BBC.

“Ki Sung-yueng mungkin sudah diketahui, seperti halnya Son Heung-min. Namun, pemain lain mungkin akan membuat kebingungan,” tuturnya lagi

“Sangat susah bagi orang barat untuk membedakan tiap-tiap orang Asia,” kata Shin.

“Menurut saya, ketika orang Eropa memperhatikan kami, orang Asia, itu menunjukkan suatu alasan. Saya melakukan trik itu untuk mengelabui tim Swedia,” tuturnya.

Comments
Loading...