Lawan Bosnia, Sayang Sekali Timnas U-19 Takkan Hadapi Pemain Liverpool

Football5Star.com, Indonesia – Timnas U-19 Indonesia akan kembali menjalani uji tanding pada pemusatan latihan di Kroasia. Jumat (25/9/2020), tim asuhan Shin Tae-yong akan menjalani laga melawan timnas U-19 Bosnia & Herzegovina di Sveti Martin na Muri.

Kesempatan menghadapi tim asal Eropa tentu sangat berharga bagi timnas U-19 Indonesia. Sayangnya, lawan kali ini tak datang dengan kekuatan penuh. Sejumlah pemain andalan tak dibawa oleh pelatih Slaven Musa. Salah satunya, Dal Varesanovic yang saat ini membela tim U-23 Liverpool.

Padahal, Varesanovic bisa jadi ujian tersendiri bagi lini pertahanan Indonesia yang belum pernah clean sheet selama menjalani laga-laga uji tanding di Kroasia. Sang gelandang serang memang belum jadi andalan tim U-23 Liverpool, tapi dia dinilai punya bakat apik.

Aksi Dal Varesanovic saat tim U-23 Liverpool menghadapi tim U-23 Arsenal pada pentas Premier League 2 musim lalu.
Gety Images

Faktanya, Liverpool berani menggaet pemain kelahiran Vienna, Austria, itu pada 2017. Kala itu, umur Dal Varesanovic baru 16 tahun. The Reds dikabarkan mengalahkan Barcelona dan Dinamo Zagreb dalam perebutan pemain yang dikenal punya dribel mumpuni tersebut.

Musim lalu, Varesanovic telah 4 kali turun membela tim U-23 Liverpool. Dia tiga kali main pada ajang Premier League 2 dan sekali pada pentas EFL Cup. Pada penampilan ketiga di Premier League 2, pemain berumur 19 tahun itu mampu membuat gol saat The Reds menang 3-0 atas Arsenal.

Varesanovic Andalan Timnas U-19 Bosnia Tahun Lalu

Bersama timnas U-19 Bosnia & Herzegovina, Dal Varesanovic hampir selalu tampil sepanjang tahun lalu. Dari 9 pertandingan, hanya sekali dia absen. Satu-satunya anomali itu terjadi ketika tim asuhan Slaven Musa kalah 1-4 dari timnas U-19 Inggris pada Kualifikasi Piala Eropa U-19.

Tampil sebanyak 8 kali, Varesanovic mampu melesakkan 2 gol. Dia menjebol gawang Albania dan Slowakia dalam laga persahabatan yang digelar pada September dan Oktober 2019.

Meskipun demikian, memasuki 2020, Varesanovic belum dipanggil lagi memperkuat timnas U-19 Bosnia. Dia absen ketika tim asuhan Musa menjalani dua uji tanding melawan Makedonia Utara pada Februari silam.

Khusus menghadapi timnas U-19 Indonesia, setidaknya ada dua sebab yang membuat Dal Varesanovic absen. Pertama, pelatih Slaven Musa mengutamakan para pemain dari klub-klub lokal. Tercatat hanya 2 pemain yang berkiprah di luar Bosnia & Herzegovina. Itu pun keduanya berkiprah di Kroasia.

Alasan kedua, Dal Varesanovic sudah berumur 19 tahun. Musa saat ini mulai fokus membentuk tim baru dengan pemain-pemain berumur 17 dan 18 tahun. Untuk menghadapi laga melawan timnas U-19 Indonesia, tak satu pun dari 20 pemain yang dipanggil Musa telah berumur 19 tahun.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More