Lawan Kroasia, Seharusnya Timnas U-19 Hadapi Bek Incaran Bielsa

Football5Star.com, Indonesia – Setelah menghadapi Bulgaria, timnas U-19 Indonesia dijadwalkan menghadapi timnas U-19 Kroasia. Ini adalah kesempatan menguji kemampuan karena Kroasia punya beberapa pemain muda yang tengah mencuat. Sayangnya, anak-anak asuh Shin Tae-yong tak akan berhadapan dengan Josko Gvardiol.

Di Kroasia, Gvardiol adalah rising star yang juga disebut-sebut sebagai wonderkid. Umurnya baru 18 tahun, tapi sudah menarik perhatian banyak klub teras Eropa. Belakangan, bek muda milik Dinamo Zagreb itu dibidik RB Leipzig dan diinginkan klub asuhan Marcelo Bielsa, Leeds United.

Kabar yang beredar saat ini menyatakan, Gvardiol tinggal selangkah lagi bergabung dengan Leeds United. Tawaran The Whites sebesar 20 juta euro dikabarkan telah diterima oleh Dinamo. Namun, sang pemain akan tetap “ditahan” untuk melawan Ferencvaros pada Kualifikasi Liga Champions.

24sata.hr

Meskipun sudah mendapatkan bek timnas Jerman, Robin Koch, Marcelo Bielsa rupanya belum percaya diri melihat lini belakang timnya. Dia merasa perlu tambahan bek berkualitas untuk menggantikan Ben White yang kembali ke Brighton & Hove Albion.

Kualitas Gvardiol sudah diakui banyak pihak. Salah satunya Ivica Olic, eks pemain timnas Kroasia dan Bayern Munich. “Semua klub besar telah memantaunya. Jika Bayern bertanya tentang dia, tentu saja saya akan mengatakan hal-hal positif,” urai Olic seperti dikutip Football5Star.com dari Sport Klub, medio Juni lalu.

Lebih lanjut, Olic mengungkapkan, “Gvardiol adalah pemain bertalenta tinggi. Sahabat saya yang menangani timnas U-19, Josip Simunic, mengatakan dia tak punya batas untuk terus berkembang.”

Perkuat Timnas U-21 Kroasia

24sata.hr

Bukti kualitas Gvardiol tercermin dari kiprahnya di timnas junior Kroasia. Saat berumur 17 tahun, dia sudah dipanggil ke timnas U-19 yang diasuh Josip Simunic. Dia melakoni tiga laga pada babak Kualifikasi EURO U-19 pada Oktober 2019. Semuanya sebagai starter dan selalu tampil penuh.

Hanya berselang sebulan, nama Gvardiol masuk dalam skuat timnas U-21 Kroasia yang ditangani Igor Biscan. Secara beruntun, dia tampil sebagai starter dan bertahan hingga akhir saat Vatreni Muda menghadapi Lithuania dan Rep. Cheska.

Sejatinya, dengan umur yang baru 18 tahun, Josko Gvardiol ada di skuat timnas U-19 Kroasia yang akan dihadapi timnas U-19 Indonesia. Namun, Simunic ternyata tak menyertakan bek bertinggi 185 cm tersebut. Salah satu sebabnya, sang pemain dibutuhkan timnas U-21 Kroasia pada lanjutan Kualifikasi EURO U-21.

Ivica OlicJosko GvardiolLeeds UnitedMarcelo Bielsatimnas U-19 Kroasia