Lawan Sampdoria, Roma “Diuntungkan” Montella

AS Roma akan bertemu dengan Sampdoria, Senin (8/2) esok, di pekan ke-24 Liga Italia. Di laga nanti, Roma diuntungkan oleh rekor buruk pelatih Sampdoria, Vincenzo Montella.

Sebagai pelatih, Montella belum pernah mengalahkan Roma di ajang Liga Italia. Hal itu tampak jelas dari rekornya saat menangani dua klub sebelumnya, Fiorentina dan Catania.

Saat melatih Catania pada musim 2011-12, Montella meraih dua hasil imbang dalam dua pertemuan kontra I Giallorossi. Sedangkan, dalam enam laga kontra Roma sebagai pelatih Fiorentina, Montella hanya mendapatkan satu hasil imbang. Lima laga lain berakhir dengan kekalahan tim asuhannya.

Sebenarnya, Montella pernah dua kali menang atas Roma saat menangani Fiorentina. Namun, dua kemenangan itu didapat saat Roma dan Fiorentina bertemu di Coppa Italia dan Liga Europa.

Bukan tak mungkin rekor buruk Montella saat menghadapi Roma di Liga Italia akan kembali berlanjut. Pasalnya, Sampdoria tengah berada dalam laju yang negatif. Dalam lima laga terakhirnya, Roberto Soriano dkk tak pernah menang. Sampdoria menelan empat kekalahan dan satu hasil seri di lima laga itu.

Sebaliknya, Roma sedang dalam tren yang bagus sejak dilatih kembali oleh Luciano Spalletti. I Lupi menang dalam dua laga terakhirnya saat menghadapi Frosinone dan Sassuolo.

Montella dan Roma bukan nama asing bagi satu sama lain. Saat masih bermain, Montella menghabiskan delapan musim di Olimpico. Dia juga pernah melatih Roma selama empat bulan.