Lawan Timnas U-19 Bosnia, Lini Belakang Indonesia Diancam David Cavic

Football5Star.com, Indonesia – Timnas U-19 Bosnia & Herzegovina dipastikan tak full team saat melawan timnas U-19 Indonesia. Pelatih Slaven Musa menepikan sejumlah pemain kunci. Sebut saja Amar Dedic dan Ajdin Hasic. Namun, itu bukan berarti mereka tak punya pemain berbahaya. Garuda Muda secara khusus harus mewaspadai David Cavic.

Nama David Cavic memang tak sementereng Hasic, Dedic, Dal Varesanovic atau Silvio Ilinkovic. Di timnas U-19 Bosnia & Herzegovina, dia belum merasakan menit bermain. Meskipun demikian, dia sudah berada dalam pantauan pelatih Slaven Musa sejak tahun lalu.

Musa mulai memanggil Cavic ke tim U-18 Bosnia pada September 2019. Pemain FK Borac Banja Luka itu diberi kepercayaan turun sebagai pemain pengganti dalam dua laga melawan Slowakia. Setelah turun 30 menit pada pertandingan pertama, dia bermain satu babak pada laga kedua.

David Cavic telah mengemas 9 gol dalam 6 laga bersama tim U-19 FK Borac Banja Luka di Premijer Liga BIH U19
Instagram @david_cavic

Memasuki tahun baru, Musa tak ragu menyertakan Cavic ke timnas U-19 Bosnia & Herzegovina. Sang pemain masuk dalam skuat kala menghadapi Makedonia Utara, Februari silam. Namun, dia belum diberi kesempatan bermain. Dalam dua laga, dia hanya menjadi penghias bangku cadangan.

Lalu, apa yang membuat David Cavic harus diwaspadai timnas U-19 Indonesia, Jumat (25/9/2020) nanti? Itu tak lain karena performa apiknya di Premijer Liga BIH U19. Turun dalam 6 laga, dia sudah membuat 9 gol! Untuk sementara, dia meminpin daftar top skorer, unggul 2 gol atas Sreten Milosevic.

Dari enam pertandingan bersama tim U-19 Borac Banja Luka, Cavic hanya absen mencetak gol dalam dua laga. Dia bahkan sudah mencetak hat-trick dan quattrick. Tiga gol dilesakkan saat menang 3-0 atas FK Krupa, sedangkan 4 gol dijejalkan kala menang 7-0 atas FK Zeljeznicar Banja Luka.

Cavic Selalu Kritis pada Diri Sendiri

Sepekan setelah mencetak hat-trick lawan FK Krupa, David Cavid mendapat kesempatan tampil bersama tim utama FK Borac Banja Luka. Dalam lawatan ke kandang NK Siroki Brijeg, dia turun selama 5 menit dengan menggantikan Aleksandar Vojnovic.

Itu adalah kali kedua Cavic memperkuat tim utama. Sebelumnya, pada 3 November 2019, dia jadi cameo dengan masuk saat injury time ketika Borac menang 2-0 atas FK Radnik Bijeljina.

David Cavic akan jadi andalan di sisi kiri timnas U-19 Bosnia & Herzegovina saat lawan timnas U-19 Indonesia.
Instagram @david_cavic

Dalam setahun terakhir ini, pemain yang kini berumur 17 tahun tersebut memang disertakan dalam latihan-latihan tim utama Borac yang berlaga di Premijer Liga BIH. Satu hal yang menonjol dari pemain ini adalah rasa tak cepat puas. Dia selalu kritis kepada diri sendiri.

“Aku puas dengan permainanku walaupun seharusnya mampu mencetak gol. Itulah satu-satunya yang gagal kucerna. Namun, aku yakin akan lebih baik pada kesempatan berikut karena jelas aku harus melakukan hal yang lebih baik,” ucap Cavic selepas uji tanding lawan Spartak Subotica, Juli silam, seperti dikutip Football5Star.com dari Nevazine Novine.

Dia membuktikan tekadnya itu pada laga berikut menghadapi Indjija. Cavic mencetak gol kedua yang membawa Borac menang 2-0. “Tak seperti laga kemarin, sekarang usahaku berbuah dengan mencetak gol. Setelah dua laga dengan dua kemenangan, aku harap kami dapat menersukan ritme yang ada,” ujar dia.

Meskipun baru berumur 17 tahun, Cavic memang punya target besar musim ini. Dia ingin menembus tim utama Borac. “Tak ada lagi rasa canggung berlatih dengan tim utama. Sekarang, itu jadi rutinitas bagiku. Harapanku adalah mampu terus menunjukkan diri dan berjuang mendapatkan lebih banyak menit bermain di Premijer Liga,” ucap dia kepada ATV pada Juni silam.

Tekad yang sama tentu dibawa David Cavic ke timnas U-19 Bosnia & Herzegovina saat melawan Indonesia. Setelah dua kali hanya berada di bangku cadangan, kini dia potensial jadi andalan karena tercatat sebagai satu-satunya winger kiri yang dibawa Slaven Musa.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More