Lawan Torino, Juve Diuntungkan Status Tuan Rumah

Juventus akan menjamu Torino di Juventus Stadium, Kamis (17/12) dinihari WIB, di babak 16-besar Coppa Italia. Jelang laga, Bianconeri diuntungkan status sebagai tuan rumah.

Kenapa Juventus diuntungkan? Ternyata dalam 20 tahun terakhir, Juventus tak pernah kalah dari Torino saat berstatus sebagai tuan rumah. Kekalahan kandang terakhir Juventus atas Torino tercipta pada April 1995. Ketika itu di Liga Italia, Si Nyonya Tua takluk 1-2 dari Il Granata.

Pada laga itu, beberapa pemain legendaris Juventus masih bermain. Sebut saja Alessandro Del Piero, Antonio Conte, Didier Deschamps, Angelo Peruzzi, dan Roberto Baggio.

Sejak kekalahan terakhir itu, karena Torino beberapa musim harus bermain di Serie B, kedua tim sempat bertemu 10 kali saat Juventus berstatus tuan rumah. Hasilnya Juventus amat dominan atas Torino. Delapan laga mereka menangkan dan dua laga sisanya berakhir imbang.

Kemenangan terakhir terjadi Oktober lalu di Liga Italia. Juventus menang 2-1 atas Torino berkat gol penentu kemenangan yang dicetak Juan Cuadrado di masa injury time.

Sedangkan, khusus di Coppa Italia, laga nanti akan jadi Derby Torino ketiga yang tersaji di ajang ini. Sebelumnya, Juventus dan Torino baru dua kali berhadapan di Coppa Italia. Itu pun terjadi sudah lama sekali, tepatnya pada semifinal Coppa Italia musim 1992-93.

Dalam dua leg, kedua tim selalu bermain imbang. Namun, Torino berhak lolos ke final berkat aturan gol tandang. Di final, Torino keluar sebagai juara Coppa Italia musim itu usai menekuk AS Roma.