Lazio vs Fiorentina: Menang, I Biancocelesti Tekan Juventus

Football5star.com, Indonesia – Lazio kembali ke jalur kemenangan. Setelah kalah dari Atalanta tengah pekan lalu, mereka sukses mengalahkan Fiorentina 2-1 di stadion Olimpico, Minggu (28/6/2020).

Butuh kemenangan untuk mendekati Juventus di puncak klasemen, Lazio sempat kesulitan mengembangkan permainan pada babak pertama. Beban besar yang diemban para pemain membuat permainan tim tidak lepas.

Situasi ini pula yang coba dimanfaatkan Fiorentina. Kapten tim, German Pezzella nyaris membuat tim tamu unggul andai sundulannya tidak ditepis Thomas Strakosha.

@acffiorentina

Terus menyerang, Fiorentina akhirnya unggul pada menit ke-25. Aksi menawan Franck Ribery dari sisi kanan pertahanan lawan membuatnya sukses membuka keunggulan lewat sontekan keras kaki kanan.

Skor 1-0 untuk La Viola membuat permainan menjadi lebih terbuka. Lazio pun mulai memperbaiki performa dengan lebih banyak mengandalkan serangan dari sisi sayap.

Peluang emas tuan rumah didapat Marco Parolo tiga menit berselang. Tapi Bartlomiej Dragowski dengan cekatan menepis bola sundulan sang gelandang.

Elang Ibu Kota terus menekan pertahanan La Viola. Peluang kembali didapat tiga menit jelang turun minum. Sontekan Ciro Immobile yang masih bisa ditepis Dragowski  gagal dimanfaatkan oleh Bastos. Menerima bola muntah, tendangannya justru melayang ke atas.

Pada babak kedua tuan rumah benar-benar memperbaiki permainan. Perubahan langsung dibuat Simone Inzaghi dengan memasukkan Stefan Radu dan Joaquin Correa.

Hasilnya pun terlihat pada menit ke-67. Pelanggaran Dragowski terhadap Felipe Caicedo membuat wasit menunjuk titik putih. Ciro Immobile yang maju sebagai eksekutor berhasil menyamakan kedudukan.

Gol ini menaikkan moral para pemain Lazio. Mereka pun sukses membalikkan keadaan saat laga menyisakan tujuh menit lagi. Adalah tendangan keras Luis Alberto yang membuat tuan rumah memimpin 2-1.

Kendati Fiorentina terus balik menekan di sisa pertandingan, I Biancocelesti berhasil mempertahankan keunggulan hingga laga usai. Tambahan tiga poin membuat Immobile dkk mengumpulkan 65 poin dan mempertahankan jarak empat poin dengan Juventus di puncak klasemen.

Sedangkan bagi La Viola, kekalahan ini tidak berpengaruh signifikan pada posisi mereka di klasemen. Anak asuh Giuseppe Iachini tertahan di urutan ke-13 dengan 31 angka.

Susunan Pemain:

Lazio (3-5-2): 1-Thomas Strakosha; 15-Bastos (Stefan Radu 46’), 33-Francesco Acerbi, 4-Patric; 29-Manuel Lazzari (Adam Marusic 81’), 21-Sergej Milinkovic-Savic, 16-Marco Parolo, 10-Luis Alberto, 22-Jony (Jordan Lukaku 81’); 20-Felipe Caicedo (Joaquin Correa 68’), 17-Ciro Immobile

Pelatih: Simone Inzaghi

Fiorentina (3-5-2): 69-Bartlomiej Dragowski; 4-Nikola Milenkovic, 20-German Pezzella, 17-Federico Ceccherini (Lorenzo Venuti 75’); 29-Dalbert (Igor 46’), 18-Rachid Ghezzal, 5-Milan Badelj (Erick Pulgar 84’), 8-Gaetano Castrovili, 21-Pol Lirola; 63-Patrick Cutrone (Dusan Vlahovic 63’), 7-Franck Ribery (Riccardo Sottil 84’)

Pelatih: Giuseppe Iachini