Lebaran Ala 2 Bintang Persija di Tengah Pandemi Corona

Football5star.com, Indonesia – Bek sayap Persija Jakarta, Ismed Sofyan mengaku perayaan Idul Fitri tahun ini sangat spesial, meskipun pandemi COVID-19 belum juga mereda di Tanah Air. Alasannya tentu ia bisa menjalani puasa Ramadan secara penuh di Aceh serta berlebaran di kampung halamannya tersebut.

Sebelumnya, Ismed sudah meninggalkan ibu kota Jakarta untuk pulang ke kampung halamannya di Aceh sejak tim Persija diliburkan pada Maret. Ia mengaku beruntung bisa menjalani ibadah di Aceh.

Apalagi di kampungnya, Tualang Cut, nuansa Ramadan tetap bisa dirasakan seperti tahun-tahun sebelumnya, termasuk menjalani salat Idul Fitri.

“Alhamdulilah kemarin puasa sebulan penuh berjalan lancar ditambah lagi di tempat saya, Aceh Tamiang, kampung Tualang Cut, semua aktivitas nomal termasuk ibadah tentunya. Pastilah senang bisa berpuasa dan berlebaran di rumah. Sekali lagi ini berkah Ramadan,” ujar Ismed di situs resmi klub.

Ismed melanjutkan, di kampung halamannya ada beberapa makanan khas Aceh yang pas disantap saat lebaran. Salah satu yang paling khas adalah lontong sayur khas Aceh.

“Biasa di sini makanan khasnya lontong, tapi sedikit berbeda dengan Jakarta. Hampir sama tapi kemasannya berbeda. Di sini pakai mie, tauco ditambah bumbu kacang. Sedangkan lauknya biasanya rendang,” tutupnya.

Sandi Sute Lebaran di Rumah

Sandi Sute - Sergio Farias - Persija Jakarta - @sandi.sute21
@sandi_sute21

Sementara itu, gelandang Persija, Sandi Sute, memilih berdiam diri saat lebaran, sebagaimana yang diperintahkan oleh pemerintah untuk tidak pergi ke mana-mana terlebih dahulu.

Sandi hanya berkumpul bersama keluarganya yang ada di rumah saat ini. Hal itu ia lakukan demi menjaga kesehatan dan keselamatan keluarganya di tengah pandemi virus corona yang sudah banyak memakan korban jiwa.

“Kemarin saya hanya berlebaran dengan keluarga inti di rumah saja. Memang sedikit berbeda dibandingkan di tahun sebelumnya tapi tetap khidmat. Saya harap semua masyarakat Indonesia khususnya Jakmania juga bisa mentaati aturan ini,” ujar Sandi.

Gelandang bernomor 39 ini juga berbagi cerita tentang menu lebaran yang memang sudah menjadi ciri khas di kampung halamannya, Palu. Ada beberapa menu, salah satunya adalah Buras. “Salah satunya Buras yang bentuknya seperti lontong. Lalu ketupat ditambah daging goreng maupun ayam. Di sini bermacam-macam lah,” tutupnya.