Lebih Dekat dengan Lennart Thy, Peraih FIFA Fair Play Award

Football5star.com, Indonesia – Namanya tentu tidak setenar Cristiano Ronaldo, tidak pula ia menjadi pusat perhatian seperti Mohamed Salah. Tapi jangan pernah ragukan kontribusi mantan penggawa VVV Venlo, Lennart Thy, yang baru saja menyabet gelar FIFA Fair Play Award 2018.

Tidak ada alasan yang lebih kuat bagi FIFA untuk tidak memilih Thy sebagai pemain paling Fair Play tahun ini. Musim lalu, ia mendonasikan sel puncanya untuk penderita penyakit Leukimia di Belanda. Bahkan dirinya sampai memasang iklan di sebuah video trone yang terletak di salah satu pusat kota Venlo.

Maret lalu, Thy harus melupakan laga penting timnya melawan PSV Eindhoven. Alih-alih cedera atau mangkir dari tim, ia justru ke rumah sakit untuk mendonorkan sel puncanya pada pasien Leukimia akut.

Ajaibnya, darah yang didonorkan kepada pasien yang tidak disebutkan namanya itu berhasil menyelamatkan nyawa sang pasien. Kendati perbuatan mulianya itu baru diketahui tahun itu, pemain asal Jerman tersebut ternyata sudah lama mendonorkan darahnya untuk orang-orang yang membutuhkan.

Menurut laporan yang dikutip Football5star.com dari BBC, pemain yang kini merumput di klub asal Turki, BB Erzurumspor, itu sudah tujuh tahun terakhir namanya terdaftar sebagai pendonor sel punca di sebuah lembaga di Jerman. Maret lalu pula lembaga tersebut berhasil menemuksn pasien leukimia denham tipe DNA yang sama.

Pada pekan tersebut Bukan hanya di laga Venlo saja yang terasa berbeda. Semua pertandingan Eredivise memberikan applause saat memasuki menit ke-11, yang merupakan nomor punggung yang digunakan Thy. Setelah itu, jumlah pendonor sel punca melonjak tajam sebanyak 20 ribu orang..

Di sisi lain, karier pemain 26 tahun itu memang jauh dari kata mentereng. Jebolan akademi Werder Bremen itu justru lebih sering memperkuat tim-tim semenjana sepanjang kariernya. Setelah hanya bolak-balik Bremen-St Pauli selama beberapa musim, ia akhirnya hengkang ke Venlo 2017 lalu.

Akan tetapi, keberadaannya di Belanda hanya bertahan semusim. Musim panas lalu ia resmi hijrah ke Erzurumspor dengan status bebas transfer. Di sana, ia sudah mengoleksi empat caps.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More